Menurut Survei LSJ, Pendukung Jokowi Pindah ke Prabowo Sebanyak 34 Persen

Menurut Survei LSJ, Pendukung Jokowi Pindah ke Prabowo Sebanyak 34 Persen

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Presiden Jokowi saat berada di dalam MRT. --Istimewa

JAKARTA, FIN.CO.ID - Pendukung Jokowi di Pemilu 2019 akan pindah mendukung Prabowo Subianto pada Pemilu 2024. 

Lembaga Survei Jakarta (LSJ) merilis survei terbaru dimana 34,2 persen pendukung Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilu 2019 lalu, akan pindah ke Prabowo Subianto pada Pemilu 2024 mendatang.

BACA JUGA:Daftar Lengkap UMK Jawa Tengah 2023, Berlaku di 35 Kabupaten Kota Mulai 1 Januari

“Hasilnya, sebanyak 34,2 persen pendukung Jokowi mengaku akan memilih Prabowo Subianto,” kata Peneliti LSJ Iqbal Mawardi dikutip 8 Desember 2022.

Selanjutnya, sebanyak 32,4 persen mengarahkan pilihannya pada Ganjar Pranowo dan 14,8 persen menjatuhkan pilihan pada Anies Baswedan.

Sisanya kata dia, 18,6 persen memilih tokoh-tokoh lain dan sebagian dari mereka belum bisa menentukan pilihan (undecided).

Survei itu kata dia dilakukan dengan analisis secara cross-tabulation untuk mengetahui ke mana pendukung Jokowi pada Pilpres 2019 akan mengarahkan pilihannya pada Pilpres 2024 nanti.

BACA JUGA:Dugaan Baru Bom Bunuh Diri di Mapolsek Astanaanyar, BNPT: Agus Muslim Tidak Bekerja Sendiri

"Hingga kini pendukung Jokowi masih cenderung bersifat cair, namun sebagian besar dari mereka cenderung memindahkan dukungannya pada Prabowo jika Ketua Umum Partai Gerindra maju pada Pilpres 2024 nanti," jelasnya.

Ia melanjutkan bahwa perolehan tersebut mengindikasikan bahwa sinyal-sinyal dukungan dari Presiden Jokowi kepada Prabowo dalam berbagai kesempatan cukup efektif mempengaruhi para pendukungnya dalam menentukan pilihan jelang Pilpres 2024.

“Sedangkan bagi para pendukung Jokowi yang bermigrasi ke Prabowo memandang Ganjar sebagai sosok potensial untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Prabowo,” kata dia.

Adapun secara elektabilitas, Prabowo masih tertinggi sebesar 32,3 persen. 

BACA JUGA:Isu Pelecehan Seksual Ketua KPU RI terhadap Ketum PRS Hasnaeni: Mencium, Meraba hingga Melanggar Norma Agama

Sementara, Anies di peringkat kedua dengan elektabilitas 20,5 persen dan Ganjar di peringkat ketiga dengan elektabilitas 19,7 persen.

Sumber: