TV Analog di Jabar dan Jateng Resmi Dihentikan, Ini Link Cek Bantuan Set Top Box

TV Analog di Jabar dan Jateng Resmi Dihentikan, Ini Link Cek Bantuan Set Top Box

Ilustrasi Set Top Box.--

BANDUNG, FIN.CO.ID- Warga Bandung Jawa Barat dan Semarang Jawa Tengah harus segera beralih dari televisi analog ke televisi digital dengan menggunakan set top box. 

Pasalnya, pemerintah resmi mematikan siaran TV alalog di seluruh Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Jawa Tengah mulai belaku sejak Jumat 2 Desember 2022.

Sehingga masyarakat harus menggunakan set top box (STB) untuk bisa  menikmati siaran televisi digital. 

"Lembaga penyiaran swasta dan pemangku kepentingan lainnya sudah menetapkan tanggal untuk penghentian siaran analog, 2 Desember jam 24.00," kata Direktur Penyiaran Kementerian Kominfo Geryantika Kurnia saat webinar sosialisasi ASO, Kamis kemarin. 

BACA JUGA:Sabtu Hari Ini Siaran TV Analog di Yogyakarta Resmi Dihentikan!

Pemerintah juga menyalurkan set tob box gratis bagi warga yang tidak mampu. 

Bagi warga yang ingin mengetahui namanya masuk dalam penerima set ton box gratis dari pemerintah, bisa langsung melakukan pengecekan di situs yang disediakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (kemenkominfo) yaitu di situs:  cekbantuanstb.kominfo.go.id

Masyarakat bisa mencari namanya dengan memasukkan nomor induk kependudukan (NIK) pada kolom pencarian di situs resmi dari Kementerian Kominfo itu. 

Jika terdaftar sebagai penerima bantuan set top box, masyarakat bisa menghubungi pusat bantuan (call center) 159.

Subsidi berupa set top box diberikan kepada rumah tangga miskin yang memenuhi syarat, satu rumah tangga mendapatkan satu unit set top box. 

BACA JUGA:Kebijakan Penghentian Siaran TV Analog, Pengamat: Pemerintah Harus Membenahi Kebijakan Digitalisasi

Subsidi itu berasal dari lembaga penyiaran yang menjadi penyelenggara multipleksing siaran digital dan pemerintah, masing-masing memberikan sekitar 4,3 juta dan 1,3 juta unit.

Data terkini dari Kementerian Kominfo untuk distribusi set top box di wilayah yang melakukan ASO 2 Desember, realisasi distribusi di Jawa Barat sudah mencapai 99,42 persen baik bantuan dari pemerintah maupun penyelenggara multipleksing.

Distribusi set top box di Yogyakarta dan Jawa Tengah sudah 100 persen. Pemberian set top box di Kota Batam juga sudah 100 persen.

Sumber: