Bea Cukai Beri Edukasi pada Mahasiswa Melalui Kegiatan Customs Goes To Campus

Bea Cukai Beri Edukasi pada Mahasiswa Melalui Kegiatan Customs Goes To Campus

--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Customs goes to Campus (CGTC) merupakan salah satu upaya Bea Cukai dalam mengenalkan tugas dan fungsinya kepada masyarakat, khususnya bagi para sivitas akademika yaitu mahasiswa dan dosen.

Kali ini, Bea Cukai berkesempatan untuk memberikan edukasi di Universitas Negeri Semarang, Politeknik Negeri Banjarmasin, dan Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu.

BACA JUGA:Dorong Ekspor, Bea Cukai Gelar Sosialisasi dan Koordinasi di Tiga Wilayah

BACA JUGA:Bea Cukai Jalankan Fungsi Perlindungan Masyarakat Lewat Pemusnahan Barang Ilegal di Tiga Lokasi

Pada Kamis (10/11), Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta berkesempatan menggelar seminar bertema “Optimalisasi Peranan Cukai Bagi Pembangunan Nasional Melalui Kebijakan Ekstensifikasi Cukai” di Auditorium Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang.

Salah satu yang menjadi pokok pembahasan dalam seminar ini adalah terkait kajian implementasi pengenaan cukai minuman berpemanis dalam kemasan (MBDK).

Bobby Situmorang, Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY, mengungkapkan bahwa salah satu hal yang mempengaruhi kajian pengenaan cukai pada MBDK adalah faktor kesehatan.

“Terdapat keterkaitan positif antara minuman berpemanis dengan obesitas dan berat badan serta risiko penyakit-penyakit kardiovaskuler sehingga konsumsinya harus dibatasi dan dikenakan cukai,” imbuhnya.

BACA JUGA:Bea Cukai Sosialisasikan Ketentuan Cukai dan Salurkan BLT di Jawa Timur

Bobby mengatakan bahwa tujuan pengenaan cukai pada MBDK adalah untuk mendorong produsen menggunakan pemakaian kadar gula yang rendah, mendorong masyarakat agar memiliki pola konsumsi yang sehat, dan mengurangi tingkat penderita penyakit yang disebabkan oleh makanan dan/atau minuman berpemanis.

Di Banjarmasin, Bea Cukai Banjarmasin berkesempatan menjadi narasumber pada kuliah umum yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Banjarmasin, pada Selasa (15/11).

Kuliah umum ini mengambil tema “Sukses Menjadi Eksportir Muda Produk UMKM” dan dihadiri oleh sivitas akademika Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Banjarmasin.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai tata laksana ekspor terutama ekspor produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

BACA JUGA:Gelar Operasi Pasar, Bea Cukai Amankan Puluhan Ribu Batang Rokok Ilegal

Sumber: