Kasus PMK Belum Usai, Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Suntikan Ribuan Dosis Vaksin ke Hewan Ternak

Kasus PMK Belum Usai, Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Suntikan Ribuan Dosis Vaksin ke Hewan Ternak

Dinas pertanian Kabupaten Bekasi terus memberikan vaksinasi dosis I PMK ke hewan ternak-Tuahta Simanjuntak-fin.co.id

BEKASI, FIN.CO.ID - Kasus Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK) hingga saat ini masih belum berakhir, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi masih terus melakukan penanganan.

Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, terus melakukan vaksinasi dosis 1 PMK ke hewan ternak agar tidak menyebar.

Menurut data yang fin.co.id dapatkan, dari total target 7.500 hewan ternak, sebanyak 6.538 hewan jenis sapi, kerbau dan kambing sudah mendapat vaksinasi.

BACA JUGA:Pemerintah Akan Terbitkan Aturan Ganti Rugi Ternak yang Mati Akibat PMK

Secara penjabaran vaksinasi PMK dosis 1 terbagi atas 5.229 ekor sapi potong, 62 sapi perah, 52 ekor kerbau dan 1.193 ekor kambing/domba.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesmavet pada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, drh. Dwiyan Wahyudiharto mengatakan, pihaknya optimis vaksinasi PMK dosis 1 tercapai selesai akhir tahun ini.

"Vaksinasi akan terus kami lakukan, semoga tercapai akhir tahun ini selesai. Jika tidak selesai, akan kita lanjut sampai target 7.500 vaksinasi PMK itu selesai,” kata drh. Dwiyan Wahyudiharto, Selasa 29 November 2022.

Untuk target vaksinasi PMK saat ini, difokuskan ke sapi akseptor, sapi jantan dan betina, kerbau dan kambing khusus untuk pembibitan. 

BACA JUGA:Imbas PMK, Ongkos Pengiriman Sapi Naik, Harga Hewan Kurban Ikut Melonjak

"Hewan yang terindikasi terkena PMK, akan kami beri obat penurun panas, sitrun untuk membersihkan luka serta obat-obatan dari rekomendasi himpunan dokter hewan," ucapnya.

drh. Dwiyan Wahyudiharto menghimbau kepada pengusaha peternakan, untuk selalu menjaga kebersihan kandang dan melakukan penyemprotan disinfektan.

Selain itu hewan ternak yang dirawat di kandang, harus rajin dibersihkan bagian kuku dengan cairan yang sudah direkomendasikan.

“Peternak harus rajin-rajin membersihkan kandang, Alhamdulillah dengan cara seperti itu, hewan ternak sembuh," ungkapnya.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: