Imbas PMK, Ongkos Pengiriman Sapi Naik, Harga Hewan Kurban Ikut Melonjak

Imbas PMK, Ongkos Pengiriman Sapi Naik, Harga Hewan Kurban Ikut Melonjak

Ilustrasi - Sapi.--

BEKASI, FIN.CO.ID - Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak jelang Hari Raya Iduladha cukup mempengaruhi pengiriman sapi para pedagang hewan kurban dari Bali, Bima, Sumbawa dan Kupang.

Tidak hanya proses pengiriman yang menjadi terhambat, rupanya biaya yang dikeluarkan untuk pengiriman hewan ternak kurban saat wabah PMK ini sangat berbeda dengan biasanya.

(BACA JUGA:Pengiriman Terhambat Akibat PMK, Pedagang Bekasi Kekurangan Stok Hewan Kurban)

"Karena sekarang harus pakai jalur laut, otomatis berpengaruh banget sama harga hewan kurban. Karena menambah biaya pengiriman akhirnya pengaruh ke harga jual," ungkap salah satu pedagang bernama Nur Cholis saat dikonfirmasi, Selasa 5 Juli 2022.

Para peternak dan pedagang kurban saat ini juga harus mengisi dokumen yang menyatakan bahwa hewan yang dijual dalam kondisi sehat, pada saat pengiriman dan sapi tiba pun pihaknya juga harus memenuhi dokumen kesehatan.

Menurut Nur Cholis naiknya harga jual hewan kurban bisa mencapai Rp1 juta sampai dengan Rp2 juta per ekornya.

Ia pun mengaku bahwa kenaikan harga tersebut belum mempengaruhi minat masyarakat dalam membeli hewan kurban.

(BACA JUGA:Jelang Iduladha Hewan Kurban di Kota Bekasi Mulai Diperiksa)

"Lagi-lagi karena memang Iduladha, ini kan momentum ibadah, jadi penjualannya relatif sama. Namanya orang mau ibadah, pasti sudah direncanakan jauh-jauh hari," ucapnya.

Untuk di lapangan sendiri, Nur Cholis menjelaskan bahwa minat masyarakat dalam membeli hewan kurban tahun ini cenderung meningkat namun stok yang di jual sangatlah sedikit.

"Pengiriman sapi ini kan sekarang enggak bisa banyak-banyak sejak ada PMK, apalagi biasanya dari di Jawa Timur yang memang pasarnya, tapi sekarang enggak dibolehkan. Jadi stok sapi itu sedikit, sedangkan permintaannya banyak," jelasnya.

Naiknya minat beli masyarakat terhadap hewan kurban di tahun ini tidak terlepas dari sudah meredanya pandemi Covid-19 di Bekasi, sedangkan untuk harga jual sapi sendiri ia mematok harga Rp30 juta untuk satu ekor dengan berat 400kg. (Tuahta Simanjuntak)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: