Cegah Penghadangan, Polres Siap Kawal Bantuan Korban Gempa Cianjur di Lokasi Ini

Cegah Penghadangan, Polres Siap Kawal Bantuan Korban Gempa Cianjur di Lokasi Ini

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Pemerintah Kabupaten Cianjur kembali mendistribusikan bantuan logistik untuk warga terdampak gempa bumi magnitudo (M)5,6.--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Penghadangan kendaraan pembawa bantuan untuk korban gempa Cianjur sebelumnya viral di media sosial.

Polres Cianjur akhirnya memberikan pemahaman kepada warga untuk tidak melakukan penghadangan kendaraan yang membawa bantuan sosial untuk masyarakat terdampak gempa Cianjur.

BACA JUGA:Kabar Baik Bagi Perokok, Peneliti Unpad Kaji Tembakau Alternatif Lebih Rendah Risiko

Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan mengatakan, pihaknya memberikan pemahaman kepada masyarakat jika ada yang memaksa meminta bantuan.

"Kami memastikan kepada mereka, bantuan akan disalurkan sesuai arahan Presiden, pendistribusian logistik semuanya merata," kata Doni dikutip Minggu 27 November 2022.

Menurut Doni, pihaknya telah mengungkap kasus penghentian paksa bantuan sosial, dan telah diminta keterangan pemuda-pemuda yang melakukan penghentian paksa tersebut.

"Setelah dimintai keterangan, warga tersebut juga terdampak gempa. Mereka melakukan penghentian paksa, karena bantuan logistik ini kebutuhan dasar bagi masyarakat khususnya pengungsi," tutur Doni.

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Libra Minggu Ini, Mulai Dari Karir, Keuangan, Asmara Hingga Nasehat

Pemahaman itu diberikan, agar masyarakat tidak lagi melakukan penghadangan dan membagikan bantuan dengan cara yang salah. 

Karena tindakan itu mengarah pada kriminalitas.

Selain memberikan pemahaman juga, Polres Cianjur melakukan upaya antisipasi penghadangan dengan patroli, menyebar anggota Polri baik yang berseragam maupun tidak berseragam menyusuri wilayah-wilayah dimungkinkan ada penghadangan tersebut.

Kemudian memberikan pengawalan agar masyarakat yang mau memberikan donasi dari Cianjur maupun luar Cianjur enggak perlu khawatir dan mengurungkan niatnya menyalurkan bantuan karena ketakutan ada penghadangan.

BACA JUGA:9 Presidium KAHMI Periode 2022-2027 Didominasi Politikus Senayan

"Kami pastikan dengan layanan yang diberikan dan hasil komunikasi dengan Pak Gubernur dan Kapolda sudah memberikan instruksi, berikan layanan satu titik di pendopo, kami siapkan setiap hari kendaraan roda dua, dan roda empat dengan lima personel pengawalan distribusi logistik," ujar Doni.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: