Selain Bantuan Logistik, Kemendagri Siap Urus Dokumen Dukcapil Seluruh Warga Cianjur

Selain Bantuan Logistik, Kemendagri Siap Urus Dokumen Dukcapil Seluruh Warga Cianjur

Presiden Jokowi saat meninjau langsung lokasi terdampak gempa bumi di tenda pengungsian di Taman Prawatasari, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, pada Selasa 22 November 2022. (Foto: BPMI Setpres. Muchlis Jr)--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Seluruh warga Cianjur yang terdampak gempa dipastikan akan mendapat bantuan mengurus seluruh dokumen kependudukan catatan sipil (Dukcapil).

Tidak hanya itu, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga menurunkan bantuan logistik.

"Berupa bantuan logistik maupun pendampingan kebencanaan, asistensi pemerintahan, dan pengurusan dokumen kependudukan catatan sipil," kata Sekretaris Jenderal Kemendagri Suhajar Diantoro dalam keterangannya, Jumat, 25 November 2022.

Dikatakannya, Kemendagri bergerak cepat membantu warga dengan menurunkan tim yang terdiri atas Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran serta Direktorat Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat sebanyak 12 personel.

BACA JUGA:Pelukan Hangat Giring Ganesha untuk Seorang Istri Warga Cianjur yang Kehilangan Suami Akibat Gempa

Kemudian, Biro Umum Sekretariat Jenderal dan Sekretariat Korpri Kemendagri berjumlah 21 personel juga ikut tergabung dalam tim yang membantu warga terdampak gempa Cianjur.

"Sesuai arahan Bapak Mendagri kami telah membentuk tim dan secepat mungkin bergerak menuju lokasi terdampak untuk membantu masyarakat korban gempa di Kabupaten Cianjur," katanya.

Pelaksana Harian Kepala Biro Umum Setjen Kemendagri Evan Nursetya Hadi mengatakan tim menyalurkan bantuan kemanusiaan berupa satu unit tenda komando, dua unit genset dan kebutuhan pangan bagi warga terdampak.

BACA JUGA:Waspada, Banyak Sesar Aktif Gempa Darat di Jawa, Tapi Jawa Bagian Barat Paling Tinggi dan Kuat Guncangannya

Evan menjelaskan Tim Kemendagri juga telah mendirikan posko darurat di halaman Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur untuk pusat koordinasi. Posko didukung dua unit ambulans untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Sekretaris Ditjen Bina Adwil Kemendagri Indra Gunawan menambahkan Tim Kemendagri juga berkoordinasi dengan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) yang terlibat dalam penanggulangan bencana di Cianjur.

"Tim Kemendagri pada Kamis, 23 November 2022, juga telah melakukan pendistribusian logistik ke beberapa titik pengungsian korban bersama tim BPBD Kabupaten Cianjur," ujar Indra.

 

Sumber: