Gempa Magnitudo 4,1 Kembali Guncang Cianjur

Gempa Magnitudo 4,1 Kembali Guncang Cianjur

Kerusakan rumah akibat gempa di Cianjur--pmjnews

JAKARTA, FIN.CO.ID- Gempa magnitudo 4,1 kembali terjadi di Cianjur Jawa Barat pada Jumat 25 November 2022 dini hari. 

"Pusat gempa berada di darat 12 kilometer barat daya Cianjur," tulis BMKG dalam laman resminya, dikutip Jumat 25 November 2022.

Gempa terjadi pukul 01.44 WIB dengan titik kedalaman 10 kilometer. Titik gempa berada di koordinat 6,89 Lintang Selatan (LS) 107,05 Bujur Timur (BT).

Dampak gempa dirasakan di Cianjur dengan ukuran IV Skala Mercali yang dimodifikasi (MMI).

BACA JUGA:Tim Tanggap Darurat DKI Evakuasi Jenazah Perempuan di Lokasi Gempa Cianjur, Tak Bisa Gunakan Alat Berat

Menurut keterangan di situs BMKG, getaran dengan skala tersebut dapat dirasakan oleh orang banyak dalam rumah. Jika di luar rumah, dirasakan oleh beberapa orang.

Getaran itu menyebabkan gerabah pecah, jendela atau pintu berderik, dan dinding berbunyi.

Dampak gempa juga dirasakan dengan ukuran III Skala MMI di Sukabumi, dan ukuran II Skala MMI di Bogor.

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan intensitas gempa susulan di Kabupaten Cianjur akan semakin melandai dalam waktu empat hari ke depan sejak 22 November yang lalu.

BACA JUGA:Korban Meninggal Dunia Gempa Bumi Cianjur 272 Orang, Luka 2.046, Warga Mengungsi 62.545 Jiwa

Rabu kemarin 23 November 2022 jumlah gempa susulan tercatat sudah sebanyak sebanyak 162 kali gempa dengan magnitudo terbesar 4.2 dan terkecil pada magnitudo 1.2. 

Seperti diketahui, gempa bermagnitudo 5,6 mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin 21 November pukul 13.21 WIB Gempa itu dirasakan di sejumlah provinsi di Jawa Barat, Banten, juga DKI Jakarta.

"Gempa-gempa susulan itu sebagian besar tidak dirasakan, dan yang bisa mencatat adalah alat, dan ada beberapa yang dapat dirasakan. InsyaAllah, dalam kurun waku empat hari ke depan, gempa-gempa susulan tersebut sudah reda dan stabil," ungkap Dwikorita di Cianjur, Rabu 23 November. 

Tercatat hingga pada Rabu 23 November korban meninggal akibat gempa Cianjur sudah mencapai 271 orang dan 40 orang lainnya masih dalam pencarian Tim SAR. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: