Lansia Disegerakan Vaksin Covid-19 Booster Kedua, Begini Cara Daftarnya Melalui PeduliLindungi

Lansia Disegerakan Vaksin Covid-19 Booster Kedua, Begini Cara Daftarnya Melalui PeduliLindungi

Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 dosis ketiga jenis Pfizer kepada warga saat vaksinasi booster Covid-19 di RSUI, Depok, Jawa Barat, Rabu (12/1/2022). Program penyuntikan dosis ketiga atau booster vaksin Covid-19 dimulai hari ini (12/1/2022)-Issak Ramdhani-fin.co.id

JAKARTA, FIN.CO.ID - Berikut cara daftar booster kedua bagi lanjut usia atau lansia melalaui aplikasi PeduliLindung. Beserta jenis vaksin yang digunakan.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mulai izinkan bagi masyarakat lansia yang berusia di atas 60 tahun untuk diberikan vaksin Covid-19 booster kedua atau dosis keempat.

Pemberian vaksinasi Covid-19 atau Dosis Booster ke-2 kepada kelompok lansia tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.02/C/5565/2022.  

Surat vaksin untuk kelompok lansia tersebut berlaku sejak ditetapkanya oleh Direktur Jenderal Pencegaha dan Pengendalilan Penyakit Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu, pada Selasa 22 November 2022.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Suntik Vaksin Booster ke-2

BACA JUGA:Asyik! Lansia di Kota Tangerang Segera Divaksin Booster Kedua

Kebijakan ini tentunya untuk memberikan perlindungan tambahan kepada lansia untuk mengurangi tingkat risiko kematian akan virus Covid-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bucara Covid-19 Kemenkes, dr. Mohammad Syahril.

"Adapun vaksinasi Covid019 booster kedua untuk lansia, bisa diberikan sekurang-kurangnya 6 (enam) bulan sejak booster pertama diberikan," ucap Syharl dikutip fin.co.id dair laman kemenkes pada Kamis, 24 November 2022.

"Bagi lansia yang belum booster pertama segera dapatkan booster pertama, Kami menghimbau agar para lansia dipastikan vaksinasi primernya harus dilengkapi dulu," sambungnya.

BACA JUGA:Vaksin Bivalen Dianggap Mampu Tanggulangi Covid-19 Varian Lama dan Omicron, Begini Penjelasannya

BACA JUGA:Kapan Vaksin Covid-19 Dosis 4 atau Booster Dosis 2 Disuntikan ke Warga? Ini Jawaban Kemenkes

Maka dari itu berikut cara daftar vaksinasi booester kedua melalui aplikasi PeduliLindungi.

1. Buka aplikasi PeduliLindungi

Sumber: