Ini Gejala Umum Polio yang Sering Tidak Disadari oleh Orang Tua

Ini Gejala Umum Polio yang Sering Tidak Disadari oleh Orang Tua

Petugas kesehatan Puskesmas Ulee Kareng memperlihatkan vaksin polio tetes (Oral Poliomyelitis Vaccine) yang diberikan kepada balita di Banda Aceh, Aceh, Senin (21/11/2022). ANTARA FOTO / Irwansyah Putra/aww. (ANTARA FOTO/IRWANSYAH PUTRA)--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Dokter spesialis anak Dr. dr. Johanes Eddy Siswanto, Sp.A(K) mengatakan gejala polio yang bersifat umum kerap tak disadari.

Untuk mengetahui gejala polio yang dialami oleh penderita, dibutuhkan kewaspadaan dan kesadaran yang lebih dari orang tua.

BACA JUGA:Menag Yaqut Ajak Umat Islam Salat Gaib, Doakan Arwah Korban Gempa Cianjur usai Salat Jumat

Menurut dia, gejala umum (polio) yang muncul dapat berupa demam, muntah, lemas, kekakuan di daerah leher dan tulang punggung, nyeri di daerah tungkai, dan seterusnya. 

Gejala-gejala tersebut, imbuh dia, terkadang dapat menyebabkan penderita terlambat untuk dideteksi.

“Kalau dilihat sebetulnya kalau gejalanya (polio) sangat umum sekali itu kadang-kadang memang agak sulit (dideteksi),” katanya, Kamis 24 November 2022. 

Meski begitu, dia menggarisbawahi gejala kekakuan terutama di daerah leher dan punggung serta rasa nyeri di daerah tungkai yang apabila muncul.

BACA JUGA:Minum Jus Wortel Hilangkan Mata Minus? Begini Penjelasan Dokter

Orang tua harus curiga dan harus segera memeriksakan anak ke fasilitas pelayanan kesehatan untuk didiskusikan bersama dengan dokter.

Eddy mengatakan virus polio yang menginfeksi anak biasanya membutuhkan masa inkubasi yang kama sekitar 1-3 minggu atau 7-21 hari. 

Beberapa kasus, kemunculan gejala berupa lumpuh layuh terjadi dalam tempo yang cepat. 

Namun ada pula gejala itu muncul belakangan. Kelumpuhan pada organ gerak seperti kaki apabila dibiarkan maka lama-kelamaan otot-otot dapat mengecil.

BACA JUGA:Kabar Baik! Menkes Sebut Kasus Gagal Ginjal Akut di Indonesia Telah Selesai

“Ada yang hitungannya jam, ada yang hitungannya minggu. Itu yang kadang-kadang menjadi tidak jelas apakah memang betul tiba-tiba lumpuh itu memang fasenya cepat atau tiba-tiba lumpuh memang butuh waktu. Nah itu yang kadang-kadang kita menjadi tidak aware,” kata dia.

Sumber: