Muktamar Resmi Ditutup, Ma'ruf Amin: Muhammadiyah Sejalan dengan Visi Indonesia Emas di 2045

Muktamar Resmi Ditutup, Ma'ruf Amin: Muhammadiyah Sejalan dengan Visi Indonesia Emas di 2045

Wapres Ma'ruf Amin saat tutup Muktamar Muhammadiyah-Muhammadiyah.or.id-

JAKARTA, FIN.CO.ID- Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-48 resmi ditutup pada kalam Ahad, 20 November 2022.

Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-48 resmi ditutup oleh Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, KH. Dr. Ma’ruf Amin.

Dalam sambutannya, Wapres Ma’ruf Amin menyebut visi Muhammadiyah sejalan dengan visi yang tengah diperjuangkan bangsa Indonesia untuk mewujudkan Indonesia Emas dan menjadi satu dari lima ekonomi dunia pada tahun 2045.

“Muhammadiyah didirikan Kiai Ahmad Dahlan didorong oleh semangat jiwa pembaharu dalam diri beliau untuk memperbaiki umat Islam yang saat itu statis dan tidak berkembang" kata Maruf Amin. 

BACA JUGA:13 Nama Pimpinan Pusat Muhammadiyah Periode 2022-2027 yang Terpilih dalam Muktamar ke-48 Muhammadiyah

"Artinya visi Islam berkemajuan memang menjadi hakikat kelahiran dan nafas perjuangan organisasi Muhammadiyah,” ujarnya.

Untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045, Islam Berkemajuan dan Negara Berkemajuan, ujar Maruf Amin, dibutuhkan SDM unggul yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). 

Selain itu juga diperlukan generasi yang fakih, menguasai ilmu agama supaya dapat memberi jawaban atas berbagai problem umat, bangsa dan kemanusiaan.

Ma’ruf Amin sendiri yakin dan optimis Muhammadiyah dapat menciptakan SDM unggul di atas karena memiliki instrumen dan berbagai kelengkapan dari pusat-pusat keunggulan yang dimiliki.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Resmi Buka Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah

Tak lupa, Ma’ruf Amin juga memberi perhatian terhadap peran perempuan Muhammadiyah, yakni ‘Aisyiyah dalam pemberdayaan perempuan sebagai sosok berpendidikan yang menjadi aktor perdamaian, pembangunan dunia, melawan kekerasan domestik, kemiskinan, serta meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak.

“Dalam hal ini Kiai Ahmad Dahlan dan Nyai Walidah sangat visioner, memiliki wawasan masa depan perempuan muslim Indonesia yang jauh melampaui zamannya saat itu dengan merintis ‘Aisyiyah dalam semangat untuk memajukan peradaban kaum perempuan Indonesia,” ujarnya.

BACA JUGA:Haedar Nashir Resmi Jabat Ketua Umum PP Muhammadiyah Periode 2022-2027, Abdul Muti Sekretaris

Visi Islam Berkemajuan ini, kata Ma’ruf Amin harus terus diperbaharui menyesuaikan perubahan tantangan dan lingkungan strategis nasional maupun internasional agar relevan bagi laki-laki maupun perempuan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: