Hati-hati! Bank Indonesia Masih Berpeluang Naikkan Suku Bunga Acuan Hingga Triwulan I 2023

Hati-hati! Bank Indonesia Masih Berpeluang Naikkan Suku Bunga Acuan Hingga Triwulan I 2023

Bank Indonesia--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Bank Indonesia (BI) disebut masih memiliki peluang untuk menaikkan tingkat suku bunga acuan BI-7 Day Reverse Repo Rate (BI-7 DRRR), setidaknya hingga triwulan I 2023 mendatang. 

Hal itu disampaikan oleh Ekonom Bank Mandiri (BMRI) Faisal Rachman, dikutip dari Antara, Jumat 18 November 2022. 

BACA JUGA:Dukung Industri Lokal, Bea Cukai Beri Fasilitas Kawasan Berikat dan Pusat Logistik Berikat

BACA JUGA:Merger Dua Perusahaan Unicorn Hasilkan GoTo, Kini Malah PHK 1.300 Karyawan!

Menurut dia, dalam catatan makro yang dirilis hari ini, menaikkan suku bunga acuan merupakan langkah front-loaded, tindakan pre-emptive, dan berwawasan ke depan oleh BI untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah dan ekspektasi inflasi di tengah tekanan global maupun domestik.

Hal itu karena Indonesia masih dibayangi ketidakpastian di pasar keuangan global yang dapat menyebabkan permodalan arus keluar, yang memberi risiko terhadap stabilitas nilai tukar rupiah dan tekanan inflasi impor.

Selain itu, lanjutnya, dari dalam negeri pada Oktober 2022 tingkat inflasi mencapai 5,71 persen year on year (yoy), yang mana BI memperkirakan tingkat inflasi umum akan mencapai sekitar 5,6 persen dengan inflasi inti di 3,5 persen pada akhir tahun 2022.

"Dari sisi domestik, kita terus berharap tingkat inflasi berada sekitar 5 - 6 persen yoy, setidaknya sampai semester-I 2023," kata Faisal.

BACA JUGA:GoTo PHK 1.300 Karyawan!

BACA JUGA:Segini Pesangon yang Didapat Karyawan GoTo yang Kena PHK

Dia memperkirakan BI akan menaikkan suku bunga acuannya menjadi di level 5,50 persen hingga akhir tahun 2022 dan kemungkinan menjadi di level 5,75 persen pada semester I 2023.

"Karena tekanan datang dari sisi eksternal dan domestik, kami percaya BI melanjutkan kenaikan BI-7 DRRR untuk menjamin stabilitas," kata Faisal.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: