Kerja Nyata Percepat Pembangunan Daerah Tertinggal, Kemensos Raih Penghargaan dari Kemendes PDTT

Kerja Nyata Percepat Pembangunan Daerah Tertinggal, Kemensos Raih Penghargaan dari Kemendes PDTT

Kemensos Raih Penghargaan dari Kemendes PDTT--

BONDOWOSO, FIN.CO.ID - Kementerian Sosial RI menerima penghargaan sebagai Pelaksana Program Nasional Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal (PPDT) dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Menteri Sosial RI Tri Rismaharini hadir langsung  menerima penganugerahan penghargaan.

"Kegiatan Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal sangat berarti dan merupakan  ikhtiar maksimal yang dilakukan pemerintah pusat dari berbagai kementerian termasuk Kementerian Sosial yang saling bersinergi dan berkolaborasi untuk pemerataan pembangunan," kata Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar saat menganugerahkan penghargaan di Grand Padis Hotel Bondowoso Jawa timur, Kamis (17/11).

BACA JUGA:Keluarga Korban Ambruknya Atap SD Muhammadiyah Gunung Kidul Dapat Santunan dari Kemensos

BACA JUGA:Kemensos Salurkan Bantuan ATENSI Bagi 164 Penerima Manfaat di Kabupaten Bogor

Penghargaan sebagai apresiasi atas peran Kementerian Sosial dalam mendukung Program PPDT 2020-2024 yang diamanatkan dalam Perpres No. 105 Tahun 2021 tentang Strategi Nasional Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal Tahun 2020-2024 guna wewujudkan pemerataan pembangunan.

Dalam kesempatan tersebut, Mensos menjelaskan, dukungan Kemensos dalam mendukung Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal diimplementasikan dalam program-program yang menjangkau daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T).

Kemensos memastikan penyelenggaraan kesejahteraan sosial memberikan kemudahan akses dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Di antara upaya yang dilakuan Kemensos dalam memberikan kemudahan akses bagi masyarakat di antaranya penyaluran BLT BBM kepada 20.650.000 penerima manfaat melalui PT Pos, menggandeng Institusi Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) untuk mengatasi kesulitan akses transportasi dan air di daerah tertinggal, pengadaan kapal penumpang bagi masyarakat Memberamo Papua dan pemberian motor listrik GESITS untuk mobilitas masyarakat di pegunungan Papua.

BACA JUGA:Kunjungi Jepang, Delegasi Kemensos Pelajari Alat Bantu Penyandang Disabilitas dan Lansia Berbasis AI

“Mereka itu benar-benar kesulitan. Seorang ibu di Pulau Alor sampai rela bermalam di Pulau Pantar dan tidak bisa pulang karena ombak tinggi hanya untuk mendapatkan air,” kata Mensos saat berdialog dengan civitas akademika ITS Surabaya awal tahun lalu. Saat menerima penghargaan, Mensos didampingi Staf Ahli Menteri Bidang  Teknologi Kesejahteraan Sosial Asep Sasa Purnama.

Atas upaya serius memajukan kawasan 3T, Gus Menteri -- panggilan akrab Abdul Halim mengungkapkan apresiasinya  kepada Menteri Sosial yang sigap mengatasi masalah-masalah di daerah 3T.

“Bu risma yang justru Menteri Sosial itu tidak pernah di Jakarta. Hidupnya justru di pedalaman, di pedesaan. Kalau terjadi bencana yang dicari Bu Risma. Beliau ini tahu-tahu ada di pedalaman Papua dan sebagainya,” kata Gus Menteri saat memberikan sambutan.

Ia juga menyatakan bahwa dibutuhkan kolaborasi lintas K/L dan kerja sama lintas sektor yang fokus pada penyelesaian masalah penyebab ketertinggalan dan mengikis ketimpangan antar wilayah.

BACA JUGA:Dipimpin Sekjen, Delegasi Kemensos Lakukan Studi Praktik Terbaik ke Jepang

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: