Keluarga Korban Ambruknya Atap SD Muhammadiyah Gunung Kidul Dapat Santunan dari Kemensos

Keluarga Korban Ambruknya Atap SD Muhammadiyah Gunung Kidul Dapat Santunan dari Kemensos

Kementerian Sosial memberikan santunan kepada keluarga korban ambruknya atap Sekolah Dasar Muhammadiyah 3 Bogor Playen--(dok.Kemensos)

YOGYAKARTA, FIN.CO.ID - Sesuai arahan Menteri Sosial Tri Rismaharini, jajaran Kementerian Sosial memberikan santunan kepada keluarga korban ambruknya atap Sekolah Dasar Muhammadiyah 3 Bogor Playen. Tragedi di Kabupaten Gunung Kidul ini menyebabkan satu orang meninggal.

Mendampingi Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Efendi, Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial dan Non Alam (PSKBSNA) Mira Riyati Kurniasih hadir meninjau lokasi kejadian di Jalan Manthous KM 2 Playen, Gunung Kidul, Yogyakarta, Senin (14/11).

BACA JUGA:Kemensos Salurkan Bantuan ATENSI Bagi 164 Penerima Manfaat di Kabupaten Bogor

Kehadiran Mira juga atas arahan Mensos untuk memberikan santunan kepada ahli waris korban meninggal dan korban luka-luka.

“Setelah kejadian, kami langsung diinstruksikan Bu Menteri (Menteri Sosial) untuk berikan santunan dan alhamdulillah tanggal 11 (November) kemarin sudah selesai kami berikan. Untuk korban meninggal kami serahkan santunan sebesar Rp15 juta,  langsung ke rumah duka. Sedangkan yang luka-luka juga sudah kami berikan, masing-masing Rp2,5 juta,” katanya.

Selain santunan, Kemensos juga memberikan bantuan senilai Rp100 juta untuk perbaikan atap sekolah yang rubuh. Bantuan ini diserahkan secara simbolis oleh Menko PMK kepada perwakilan SD Muhammdiyah 3 Bogor Playen.  Adapun sebagai tambahan, masing-masing korban juga mendapatkan paket sembako.

Pada kesempatan yang sama, turut hadir Bupati Gunung Kidul, Sunaryanta.

BACA JUGA:Kunjungi Jepang, Delegasi Kemensos Pelajari Alat Bantu Penyandang Disabilitas dan Lansia Berbasis AI

Sementara itu, kejadian nahas yang merenggut nyawa satu siswa itu menyisakan trauma bagi siswa maupun orangtua. Berdasarkan hasil asesmen yang dilakukan oleh Sentra Antasena Magelang, diketahui sebagian siswa masih menunjukkan keengganan untuk pergi ke sekolah karena melihat langsung temannya tertimpa atap. Hingga saat ini, anak-anak masih diliburkan.

Mengetahui hal tersebut, Kemensos melalui Sentra Antasena di Magelang menurunkan Tim Layanan Dukungan Psikososial untuk memulihkan trauma anak-anak.

“Dari hasil asesmen, memang anak-anak memerlukan layanan dukungan sosial (LDP) untuk pemulihan trauma. Dari Sentra Antasena, kita menurunkan pekerja sosial dan penyuluh sosial untuk berikan kegiatan rekreatif agar anak-anak bisa sejenak melupakan kejadian traumatis itu,” kata Kepala Sentra Antasena, Mas Kahono Agung.

LDP dilakukan selama dua hari dari tanggal 14 hingga 15 November bertempat di Balai Kalurahan Playen, Gunungkidul. Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua sesi, sesi pertama untuk siswa kelas 3 hingga 6 dan sesi kedua untuk murid Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak-kanak (TK), dan siswa kelas 1 dan 2.

BACA JUGA:Dipimpin Sekjen, Delegasi Kemensos Lakukan Studi Praktik Terbaik ke Jepang

Setiap sesi dihadiri oleh lebih dari 300 anak. Pada kegiatan LDP, anak-anak diberikan terapi untuk menghilangkan trauma dan kecemasan. Di antaranya dengan kegiatan menggambar, bernyanyi dan bermain. Salah satu yang menonjol adalah terapi kupu kupu atau metode  butterfly hug , yaitu satu metode terapi dengan cara memeluk diri sendiri untuk mehilangkan stress dan kecemasan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: