Hasil Survei CIGMark, Elektabilitas Ridwan Kamil Ungguli Prabowo Anies dan Ganjar

Hasil Survei CIGMark, Elektabilitas Ridwan Kamil Ungguli Prabowo Anies dan Ganjar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Kawasan Kranggan Bekasi, Selasa 25 Oktober 2022-Tuahta Simanjuntak untuk FIN.CO.ID-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Elektabilitas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil unggul atas Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

Elektabilitas Ridwan Kamil menempati posisi tertinggi berdasarkan hasil survei Lembaga Survei CIGMark di Jawa Barat.

CEO CIGMark Research and Consulting Panca Pratama mengatakan elektabilitas Ridwan Kamil (RK) mengungguli nama-nama calon presiden (capres) Prabowo, Ganjar, dan juga Anies.

"Berdasarkan pertanyaan terbuka atau top of mind sosok RK mengantongi dukungan paling tinggi sebesar 22,1 persen," katanya, Minggu, 13 November 2022.

BACA JUGA:Hasil Survei, Prabowo Subianto Tetap Menarik Hati Kaum Milenial, Semua Figur yang Disandingkan Cocok

Demikian pula, dalam simulasi pertanyaan tertutup tentang siapa calon presiden yang akan dipilih jika pemilihan presiden dilaksanakan saat ini. Ridwan Kamil menempati elektabilitas paling tinggi 39,2 persen dari 18 nama yang diuji

"Di urutan kedua adalah Prabowo Subianto 23,5 persen, disusul Anies Baswedan 14,9 persen dan Ganjar Pranowo 8,1 persen," kata dia.

Sedangkan, elektabilitas kandidat lainnya di bawah 5 persen. Sementara itu, menurut Panca pemilih yang belum memutuskan (undecided voters) 3,8 persen.

Kemudian, menurutnya dilihat dari aspek loyalitas pendukung, figur RK juga menempati paling tinggi yaitu sebesar 31,5 persen, meninggalkan cukup jauh Prabowo Subianto yang selama ini cukup bersinar di Jawa Barat.

 BACA JUGA:Survei Indostrategi, Elektabilitas Prabowo Tertinggi Disusul Ganjar dan Anies

"Pemilih loyal Prabowo 16,1 persen, Anies Baswedan 9,5 persen, Ganjar Pranowo 5,1 persen. Sementara itu, dari segi popularitas capres di Provinsi Jawa Barat sosok Ridwan Kamil merupakan figur yang paling dikenal dan disukai di Jawa Barat," ucapnya.

Popularitas RK sudah menembus 99,2 persen dengan tingkat kesukaan 97,2 persen. Di bawah RK, kata Panca menyusul Prabowo 96,9 persen dengan kesukaan 75,7 persen, popularitas Anies Baswedan 86,6 dengan tingkat kesukaan 80,3 persen.

Popularitas Sandiaga Uno 81,4 persen dengan kesukaan 80,4 persen, sedangkan kandidat lainnya pengenalannya masih di bawah 80 persen.

BACA JUGA:Hasil Survei Indekstat, PDIP Tertinggi, Tiga Partai Besar Terancam Tak Lolos DPR

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: