Survei Indostrategi, Elektabilitas Prabowo Tertinggi Disusul Ganjar dan Anies

Survei Indostrategi, Elektabilitas Prabowo Tertinggi Disusul Ganjar dan Anies

Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan--diolah berbagai sumber

JAKARTA, FIN.CO.ID - Nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menempati posisi teratas dengan elektabilitas tertinggi dalam bursa calon presiden 2024 dengan skor 31,8 persen. 

Hal tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan Indostrategi pada 27 Oktober hingga 5 November.

"Temuan survei per Oktober 2022 menunjukkan Prabowo masih memuncaki elektabilitas capres," kata Direktur Eksekutif Indostrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam dalam rilis survei yang diterima di Jakarta, Senin 7 November 2022.

BACA JUGA:Hadir di HUT Partai Perindo Jokowi Bilang Setelah Ini Jatahnya Pak Prabowo

Sementara tingkat elektabilitas tertinggi kedua dalam simulasi terbuka atau top of mind ditempati oleh Ganjar Pranowo sebesar 20,5 persen, disusul oleh Anies Baswedan dengan skor 13,2 persen.

Di urutan elektabilitas tertinggi keempat diisi oleh Ridwan Kamil dengan perolehan skor 6,6 persen, Erick Thohir sebesar 4,6 persen, dan Khofifah Indar Parawansa sebesar 3,8 persen.

Kemudian urutan tingkat elektabilitas berikutnya yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebesar 3,1 persen, Puan Maharani dan Sandiaga Uno sebesar 2,7 persen, Airlangga Hartarto 2,4 persen, Muhaimin Iskandar 2,2 persen dan Andika Perkasa 1,8 persen.

"Sementara, ada 4,4 persen responden yang belum menentukan pilihan," katanya.

BACA JUGA:Di Istana Negara, Jokowi Minta Antisipasi Ini ke Ganjar Pranowo

Arif menilai dengan elektabilitas Prabowo yang berada di urutan teratas tersebut, maka kekhawatiran publik akan turunnya elektabilitas Prabowo pascamemilih sikap politik untuk membantu pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di periode kedua ternyata tidak terbukti.

"Tampaknya dugaan akan terjadi penurunan elektabilitas Prabowo sebagai dampak bergabungnya ia ke dalam pemerintahan Jokowi tidak terjadi," ujarnya.

Bahkan, kata Arif, jika melihat dari fenomena yang ada dan berdasarkan data survei yang ia rilis tersebut, mayoritas pendukung Jokowi di Pilpres 2019 lalu pun ternyata memberikan apresiasi tersendiri kepada sosok Prabowo.

"Selain sikapnya didukung oleh sebagian besar pemilihnya di 2019, sikap Prabowo tersebut juga diapresiasi oleh kebanyakan pemilih Jokowi," ujarnya.

BACA JUGA:Relawan Go-Anies Targetkan 80 Persen Suara untuk Kemenangan Anies Baswedan di Pemilu 2024

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: