Cabut Gigi Tak Lagi Disarankan Dokter, Tapi Lebih Mempertahankan dan Merawat Gigi

Cabut Gigi Tak Lagi Disarankan Dokter, Tapi Lebih Mempertahankan dan Merawat Gigi

Dokter Gigi, Image oleh JOSEPH SHOHMELIAN dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda mencabut gigi? Sebelum pergi ke dokter gigi, sebaiknya ketahui hal berikut ini.  

Saat ini, konsep kedokteran gigi tidak lagi mencabut tetapi merawat dan memepertahankan gigi. 

Ketua Kolegium Konservasi Gigi Indonesia Prof. Dr.,drg. Ratna Meidyawati, Sp.KG, Subsp.KR(K) mengatakan konsep kedokteran gigi saat ini tidak lagi mencabut melainkan mempertahankan dan merawat gigi.

BACA JUGA:Cara Memutihkan Gigi Kuning, Ini Saran dr. Nadia

Ratna menjelaskan, sesuai namanya, ilmu konservasi gigi. Jadi dipertahankan gigi selama mungkin di rongga mulut. 

"Namun bagaimanapun juga harus kita lihat indikasi dan bagaimana kondisi sisa jaringan gigi, apakah bisa direstorasi itu prinsipnya," ujar dokter Ratna, dikutip dari Antara Jumat 11 November 2022. 

Lebih lanjut, Prof Ratna menjelaskan konservasi artinya mempertahankan sehingga dokter gigi akan melihat apakah gigi yang bermasalah bisa dipertahankan atau harus disingkirkan.

Konsep perawatan gigi ini dimulai dari yang sederhana. Namun bila ditemukan adanya infeksi di dalam, maka perlu dilakukan perawatan saluran akar.

BACA JUGA:Metode Merapikan Gigi yang Lebih Cepat dari Behel, Ini Namanya

Kemudian kondisi gigi juga diperiksa, apakah masih utuh, sisa sedikit atau sudah habis sehingga harus dihilangkan.

"Karena sisa dari jaringan akar gigi akan menyebabkan infeksi di tubuh. Jadi konservasi gigi bertujuan untuk mempertahankan gigi selama mungkin dengan perawatan saluran akar atau perawatan saraf gigi," katanya.

Ketua Ikatan Konservasi Gigi Indonesia (IKORGI) Cabang Jakarta Selatan Dr. drg. Rina Permatasari, Sp.KG mengatakan bahwa perawatan saluran akar gigi kerap dianggap mahal oleh masyarakat. Belum lagi, pasien harus berkali-kali datang untuk melakukan perawatan.

Akan tetapi, jika dibandingkan dengan pemasangan implan gigi, menggunakan gigi palsu atau tidak memiliki gigi (ompong), perawatan konservasi gigi masih tergolong murah.

BACA JUGA:Yang Giginya Tidak Rapih Berpotensi Alami Keompongan di Kemudian Hari

Sumber: