10 Juta Dosis Vaksin IndoVac dan InaVac Produk Indonesia Jadi Booster Bulan Ini

10 Juta Dosis Vaksin IndoVac dan InaVac Produk Indonesia Jadi Booster Bulan Ini

Ilustrasi - Vaksin Covid-19-Istimewa-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Sebanyak 10 juta dosis vaksin Covid-19 IndoVac dan InaVac produksi dalam negeri bakal disuntikan bulan ini.

10 juta dosis vaksin IndoVac dan InaVac akan disuntikan kepada masyarakat umum sebagai vaksin booster.

Demikian diungkapkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat Rapat Kerja (Raker) dengan komisi IX DPR, Selasa, 8 November 2022.

Ditegaskannya 10 juta dosis vaksin Covid-19 IndoVac dan InaVac akan mulai disuntikkan pada November ini.

BACA JUGA:Tok, Vaksin Halal Covid-19 IndoVac Produksi Indonesia Resmi Digunakan

"November ini kami harapkan ada 5 juta dosis vaksin dalam negeri yang bisa kita pakai dan Desember juga ada 5 juta dosis lagi. Sehingga total yang bisa dibeli dan dimanfaatkan tahun ini 10 juta dosis," katanya.

Dikatakannya, sebagian besar vaksin IndoVac dan InaVac produksi dalam negeri akan dimanfaatkan untuk memberikan dosis penguat atau booster kepada masyarakat.

Vaksin IndoVac berplatform rekombinan protein subunit yang dikembangkan oleh PT Bio Farma bekerja sama dengan Baylor College of Medicine, USA.

BACA JUGA:Bio Farma: Hasil Uji Klinis Vaksin IndoVac Aman dan Miliki Efektivitas yang Lebih Bagus

Vaksin dalam negeri berikutnya, adalah InaVac berplatform inactivated virus dikembangkan tim peneliti dari Universitas Airlangga bekerja sama dengan produsen PT Biotis Pharmaceutical Indonesia.

Budi mengatakan pemerintah membeli vaksin 3,6 juta dosis vaksin IndoVac dan 1,5 juta dosis vaksin InaVac pada November 2022 untuk menutupi kebutuhan 4,94 juta sasaran booster.

Pembelian kedua vaksin berlanjut pada Desember 2022 masing-masing 1,4 juta dosis vaksin IndoVac dan 3,5 juta dosis InaVac untuk menutup kebutuhan 5,11 juta lebih sasaran.

Vaksin Produksi Dalam Negeri Dipastikan Aman Digunakan Masyarakat

Berdasarkan uji klinis hasil kerja sama para ilmuwan Bio Farma dengan peneliti dari berbagai universitas di Indonesia menunjukkan data ilmiah vaksin IndoVac memiliki keamanan yang baik.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: