Hasil Survei Indekstat, Ganjar Masih Jadi yang Tertinggi Elektabilitasnya di Pilpres 2024

Hasil Survei Indekstat, Ganjar Masih Jadi yang Tertinggi Elektabilitasnya di Pilpres 2024

Ilustrasi: Presiden Jokowi, Megawati dan Ganjar Pranowo. (Setpres/PDIP/Syaiful Amri/Disway.id)--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Survei Indekstat Indonesia menyebut elektabilitas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo masih menempati posisi teratas di Pilpres 2024.

Survei tersebut dilakukan Indekstat Indonesia pada 10 hingga 19 Oktober 2022.

Selain Ganjar, elektabilitas Prabowo Subianto juga masih tetap berada di posisi kedua diikuti Anies Baswedan.

Elektabilitas Ganjar Pranowo sebagai tokoh calon presiden 2024 mencapai 28,1 persen. Sementara Prabowo Subianto dengan 22,1 persen, disusul oleh Anies Baswedan dengan elektabilitas sebesar 17,3 persen.

BACA JUGA:Survei Polmatrix: Pasangan Ganjar Pranowo-Yenny Wahid Unggul Karena Faktor NU

Survei yang dilakukan Indekstat Indonesia yaitu menyodorkan 10 tokoh potensial melalui pertanyaan tertutup.

"Jika pemilihan umum (pemilu) diadakan sekarang tidak ada perubahan yang cukup masif terjadi terkait elektabilitas tokoh–tokoh yang ada. Ganjar, Prabowo dan Anies masih menjadi tiga kandidat terkuat dengan elektabilitas tertinggi saat ini," kata Deputi Direktur Eksekutif Indekstat Rikola Fedri, Minggu, 6 November 2022.

Di bawah tiga nama tersebut, Ridwan Kamil menempati urutan keempat dengan elektabilitas sebesar 8,7 persen, disusul Sandiaga Uno dengan raihan 4,8 persen, lalu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebesar 2,9 persen dan Puan Maharani dengan elektabilitas sebesar 2,6 persen.

BACA JUGA:Survei SMRC Ganjar Ungguli Prabowo, Gerindra: Kami Santai, Tidak Gusar

Kemudian raihan elektabilitas berturut-turut berikutnya ditempati oleh Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) sebesar 1,6 persen, lalu Erick Thohir 1,1 persen dan Airlangga Hartarto 0,3 persen. Sedangkan, pemilih yang belum menentukan pilihan sekitar 10,5 persen.

“Temuan menarik dalam survei kami adalah sejak setahun lalu di Oktober 2021, sebanyak 80 persen pemilih di Indonesia sudah menentukan pilihan calon presidennya dan semakin mengerucut hingga hari ini ke tiga calon," katanya.

Indekstat Indonesia kemudian mengerucutkan tiga tokoh potensial capres 2024, di mana dalam simulasi tiga nama itu pun elektabilitas Ganjar tetap menempati posisi teratas, disusul Prabowo dan Anies.

BACA JUGA:Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Ganjar Pranowo Tertinggi, Diikuti Prabowo dan Anies

"Elektabilitas Ganjar berada di angka 35,5 persen, Prabowo di posisi kedua dengan elektabilitas 28,2 persen dan Anies di posisi ketiga dengan elektabilitas 24,7 persen," ujarnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: