Gempa Bumi Terkini Guncang Maluku Utara Berkekuatan Magnitudo 5

Gempa Bumi Terkini Guncang Maluku Utara Berkekuatan Magnitudo 5

Gempa, Image oleh Tumis dari Pixabay--

MALUT, FIN.CO.ID- Gempa bumi terkini dengan kekuatan magnitudo 5 mengguncang wilayah Ternate, Maluku Utara, dan sekitarnya pada Jumat 4 November pagi.

Gampa bumi terkini diketahui berdasarkan informasi dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi terjadi sekitar pukul 04.29 WIB dengan kedalaman gempa 35 kilometer.

Gampa bumi terkini di Maluku Utara, bepusat  di laut 79 km barat daya Ternate pada koordinat 0.58 Lintang Utara-126.68 Bujur Timur. Gempa juga tidak berpotensi tsunami.

Getaran gempa dirasakan hingga daerah sekitarnya, yakni Ternate dengan skala II-III diukur dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI).

BACA JUGA:Ramalan Mbah Mijan: Akan ada Badai Besar dan Gampa Bumi

BACA JUGA:BMKG Ungkap Penyebab Gempa Dangkal M 5.1 di Nias Selatan

Pada hari yang sama, gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,5 mengguncang wilayah Saumlaki, Maluku Tenggara Barat, Maluku, sekitar pukul 01.46 WIB dengan kedalaman gempa 94 kilometer.

Pusat gempa berada di laut 158 km barat laut Maluku Tenggara Barat pada koordinat 6.67 Lintang Selatan-130.71 Bujur Timur. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Getaran gempa dirasakan hingga daerah sekitarnya, yakni Saumlaki dengan skala III-IV diukur dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI).

Secara geografis, Indonesia merupakan negara yang termasuk bagian dari lintasan The Pasific Ring of Fire (Cincin Api Pasifik), yaitu suatu lintasan di mana terdapat deretan gunung api sehingga sering terjadi gempa.

Mengapa Indonesia sering terjadi Gempa Bumi? Ini Jawabannya: 

Dilansir dari laman Fact of Indonesia, ada tiga lempeng Bumi yang mengelilingi Indonesia. 

Ada lempeng Pasifik, lempeng Eurasia, dan lempeng Indo-Australia. Pergeseran ketiga lempeng ini yang bisa menyebabkan gempa terjadi. 

BACA JUGA:Badan Geologi Ungkap Penyebab Gempa M 5.5 Banten dan Rawannya Tsunami di Daerah Itu

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: