Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur, Bikin Nyenyak dan Gak Laper Tengah Malam

Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur, Bikin Nyenyak dan Gak Laper Tengah Malam

Manfaat minum susu sebelum tidur, oleh congerdesign dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Manfaat minum susu sebelum tidur kerap ditanya orang. Apa benar menyehatkan atau nanti malah bikin gemuk?

Well menurut ahli, via HelloSehat, manfaat minum susu sebelum tidur ini sebenarnya lebih kepada upaya membuat Anda tidur lebih nyenyak, meski memang bisa menambah berat badan.

Mengandung melatonin dan triptofan, minum susu sebelum tidur dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak.

BACA JUGA:Anda 'Haram' Minum Susu jika Punya Kondisi Ini

Kandungan asam amino di dalam triptofan juga disebut berperan dalam melepasan zat kimia otak yang namanya serotonin.

Ketika otak melepas serotonin, maka efeknya tubuh akan merasa lebih relaks dari sebelumnya.

Jadi tubuh relaks dapat memudahkan Anda tertidur, sekaligus menjaga kualitas tidurnya menjadi lebih baik.

Selain itu, minum susu sebelum tidur juga bagus untuk kesehatan, lantaran membantu Anda mengurangi rasa lapar pada tengah malam.

BACA JUGA:Rutin Minum Susu Ini Cegah Serangan Jantung dan Stroke di Kemudian Hari

Memberikan efek kenyang, manfaat minum susu sebelum tidur lainnya mencegah Anda makan tengah malam, yang menyebabkan peningkatan berat badan.

Gak cuma bikin Anda lebih mudah terlelap dan larut dalam nyenyaknya tidur, minum susu sebelum sebelum tidur memberikan energi di kemudian hari.

Yang terakhir, manfaat minum susu sebelum tidur adalah efeknya meregenerasi jaringan tulang dan otot setelah seharian beraktifitas.

Apa Boleh Minum Susu Kadaluwarsa yang Masih Tersegel?

Ini nih yang cukup sering ditanya orang, apa boleh minum susu kadaluwarsa yang masih tersegel.

Well, untuk pertanyaan yang satu ini jawabannya adalah tidak dianjurkan, sebagaimana dijawab dr. Amadeo Drian Basfiansa.

"Meski produk tersebut masih tersegel, kami tidak menyarankan untuk mengonsumsinya melalui tanggal kadaluarsa yang telah tertera," kata dr. Amadeo seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Terkait tanggal kadaluwarsa, lanjut dr. Amadeo, apabila kemasannya sudah terbuka, maka umurnya pun tidak akan tahan sebagaimana yang tertera pada tanggal kadaluwarsa produk.

Oleh karena itu, menyimpan susu atau makanan dalam kemasan dengan segel terbuka, apalagi dalam jangka waktu lama, bukanlah sesuatu yang bijak untuk dilakukan.
 
"Karena dengan dibukanya kemasan, produk akan terkontaminasi oleh udara luar, perubahan suhu, aroma pekat, bakteri dan berbagai faktor lain," jelas dr. Amadeo.

Jadi, lanjut dia, tanggal kadaluwarsa yang tertera pada kemasan, hanya berlaku jika segel kemasan masih tertutup rapat.

Jadi intinya, susu yang sudah kadaluwarsa tidaklah dianjurkan untuk Anda minum, meski segelnya masih tertutup rapat.

"Setelah produk tersebut dibuka, baik itu berupa makanan, minuman atau obat, waktu kadaluarsanya akan relatif lebih cepat ketimbang yang telah tertulis pada kemasan," ungkapnya.


Sumber: