Anda 'Haram' Minum Susu jika Punya Kondisi Ini

Anda 'Haram' Minum Susu jika Punya Kondisi Ini

Ilustasi Susu Rendah Lemak, Image oleh Imo Flow dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Konsumsi susu segar seringkali dikaitkan dengan salah satu pola hidup sehat. Akan tetapi, tidak semua manusia diciptakan sama, ada yang sehat dibuatnya, ada juga yang justu malah sakit saat mengkonsumsinya.

Kondisi ini, intoleransi laktosa, disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh dalam menyerap laktosa, sejenis gula yang ditemukan dalam kandung susu, seperti susu sapi contohnya, susu yang paling banyak dikonsumsi manusia di seluruh dunia.

Menurut ahli, via Healthline, pada tubuh mereka yang intoleransi laktosa, umumnya akan mengirim laktosa yang gagal dicerna usus kecil, menuju usus besar.

(BACA JUGA:Agar Gak Gampang Haus dan Tetap Terhidrasi Selama Puasa Ramadan)

Di sana, laktosa akan bertemu dengan bakteri perut, menyebabkan beberapa gejala seperti kembung, kentut-kentut  dan diare.

Tidak hanya terjadi pada anak bayi, intoleransi laktosa juga dapat terjadi pada orang dewasa yang bisa disebabkan penyakit gastrointestinal, infeksi bakteri atau efek dari pasca operasi.

Jika menunjukan lima gejala paling umum di bawah ini, ada kemungkinan Anda adalah salah satu penderitanya.

1. Sakit perut
2. Perut Kembung
3. Diare
4. Kerap buang angin
5. Konstipasi atau sembelit
6. Meski umumnya melibatkan masalah di area usus, namun beberapa gejala lain juga dilaporkan akibat kondisi ini, seperti: sakit kepala, kelelahan, sulit konsentrasi, meriang, kesulitan buang air kecil, eksim dan gangguan kesehatan mulut.

Jika Anda curiga ada yang salah dengan Anda terkait dengan konsumsi produk susu, penting untuk memeriksakan kondisi Anda guna memastikan kondisi Anda. Dokter akan dapat menentukan apakah itu intoleransi laktosa atau kondisi lain seperti alergi susu, dua kondisi yang berbeda, meski terkadang terlihat memiliki kemiripan.

Intoleransi Laktosa pada Bayi

Menurut dr. Irma Noor Budianti, pada bayi yang mengalami intoleransi laktosa, ditandai dengan gejala meliputi:
•    Perut buncit karena kembung
•    Nyeri perut
•    Mual
•    Muntah
•    Diare (bobot bayi sulit bertambah)

Bagi orang tua dengan bayi seperti ciri-ciri di atas, diminta untuk memeriksakan kondisi mereka ke dokter spesialis anak

"Pemeriksaan serta konsultasi dengan dokter spesialis anak agar dapat diketahui penyebab kondisi anak Anda saat ini serta dokter dapat memberikan anjuran dan penanganan yang sesuai".
 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: