Pemkot Bekasi Bentuk Timsus, Tangani Meningkatnya Gagal Ginjal Akut

Pemkot Bekasi Bentuk Timsus, Tangani Meningkatnya Gagal Ginjal Akut

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati saat dikonfirmasi mengenai antisipasi kasus Gagal Ginjal Akut-Tuahta Simanjuntak untuk FIN.CO.ID-

BEKASI, FIN.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, Jawa Barat segera membentuk tim khusus (Timsus) penanganan kasus gagal ginjal akut pada anak.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati mengatakan pihaknya akan menggandeng Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dalam upaya mengatasi naikan penyakit gagal ginjal akut.

BACA JUGA:Terus Lakukan Sidak, Pemkot Tangerang: Apotek dan Dokter Jangan Lagi Resepkan Obat Sirup

BACA JUGA:Kasus Baru Gagal Ginjal Akut Dilaporkan Menurun

Sejumlah pihak terkait akan dilibatkan dalam timsus yang akan segera dibentuk tersebut.

Saat ini pihaknya masih terus berkoordinasi dengan IDAI dalam upaya percepatan pembentukan timsus penanganan kasus gagal ginjal akut di Kota Bekasi.

"Sudah kami bahas, sudah dengan IDAI tiga kali. Jadi, ya persiapan sudah ada," katanya, Kamis 27 Oktober 2022.

BACA JUGA:Pemkot Bekasi Belum Tahu Jumlah Anak Terpapar Gagal Ginjal Akut

Menurutnya Dinkes Kota Bekasi juga mengundang rumah sakit di wilayahnya, guna membahas pembentulan tim reaksi cepat penanganan.

Dikakatannya, sampai saat ini penanganan kasus gagal ginjal akut misterius pada anak di Kota Bekasi dibantu oleh Pemerintah Pusat.

"Sementara, di Pemerintah Pusat sudah ada pembentukan. Jadi apabila mendesak, sesegara mungkin kami akan buat tim khusus gabungan, antara IDAI dan Pemerintah," jelasnya.

BACA JUGA:Jangan Semua Lepas Tangan, Komnas HAM: Harus Ada yang Bertanggung Jawab Kasus Gagal Ginjal Akut

Sesuai dengan penyampaian Kemenkes dalam lampiran, ada 14 rumah sakit yang menjadi rujukan penanganan penyakit gagal ginjal akut misterius.

Sedangkan untuk warga Kota Bekasi terdapat 3 rumah sakit terdekat yang bisa menjadi rujukan, diantaranya RSCM, RS Harapan kita dan RS Hasan Sadikkin Bandung.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: