Bea Cukai Bantu UMKM Naikkan Daya Saing Lewat Asistensi Ekspor

Bea Cukai Bantu UMKM Naikkan Daya Saing Lewat Asistensi Ekspor

Bea Cukai memberikan dukungan yang optimal kepada produk UMKM agar dapat merambah ke pasar internasional--(dok.Bea Cukai)

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Salah satu program ekonomi pemerintah agar Indonesia bisa bertahan dari dampak krisis ekonomi dunia imbas pandemi Covid-19 adalah menggalakkan ekspor sebagai penguatan ekonomi nasional.

DJBC secara rutin dan intensif terus melakukan sosialisasi ekspor kepada masyarakat dalam hal ini kepada siapa saja untuk dapat melakukan ekspor dengan tagline ekspor itu mudah.

BACA JUGA:Dukung Pertumbuhan Ekonomi, Bea Cukai Tetapkan Izin Fasilitas Kawasan Berikat dan KITE IKM

Kali ini kegiatan asistensi ekspor dilakukan oleh Bea Cukai Makassar kepada komunitas ekspor di kota Makassar.

Hatta Wardhana, Kasubdit Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan mengungkapkan, “program asistensi yang digalakkan Bea Cukai telah membantu masyarakat menyadari pentingnya ekspor adalah sebagai fondasi dan pilar pertahanan ekonomi Indonesia dalam gelombang resesi ekonomi yang fluktuatif selain ekspor sebagai penghasil devisa yang tinggi.”

Selain di Makassar, Bea Cukai juga mengadakan asistensi di Jawa Tengah. pentingnya ekspor adalah sebagai fondasi dan pilar pertahanan ekonomi Indonesia dalam gelombang resesi ekonomi yang fluktuatif selain ekspor sebagai penghasil devisa yang tinggi.

Hatta menambahkan, “Bea Cukai akan selalu memberikan dukungan yang optimal kepada produk UMKM agar dapat merambah ke pasar internasional. Kami dengan tangan terbuka akan memberikan edukasi agar proses ekspor dapat berjalan dengan lancar.”

BACA JUGA:Bea Cukai Wujudkan Akuntabilitas Pengelolaan BMN Lewat Pemusnahan

“Salah satu mitra kami yaitu Kelompok Usaha Bersama Central Agro Lestari membutuhkan pengembangan pemasaran produk mereka dengan menargetkan konsumen pasar internasional secara langsung. Dengan diselenggarakannya acara ini, diharapkan Central Agro Lestari dapat teredukasi mengenai tata cara ekspor sehingga tujuan untuk memperluas pasar produk gula kelapa organik dapat tercapai,” Imbuh Ketua Tim Matching Fund, Adi Indrayanto.

Komitmen Bea Cukai Tanjung Emas dalam mendukung UMKM melalui edukasi dan komunikasi menjadi stimulus untuk memperluas pasar ke kancah internasional.

Dengan diselenggarakan acara ini, Bea cukai Tanjung Emas ikut mendorong perekonomian Jawa Tengah melalui proses bisnis ekspor impor sebagai bentuk untuk meningkatkan kinerja sistem logistik, memperbaiki iklim investasi dan meningkatkan daya saing perekonomian nasional.

Selain itu, di Jawa Timur Bea Cukai juga mengadakan asistensi dan pelepasan produk ekspor milik UMKM binaan Kabupaten Sidoarjo.

BACA JUGA:Optimalkan Pengawasan, Bea Cukai Jelaskan Ketentuan Ini kepada TNI

Kegiatan ini merupakan buah manis dari sinergi dan kolaborasi antara berbagai pihak diantaranya Bea Cukai Sidoarjo untuk memberikan asistensi terkait ekspor, Bea Cukai Juanda sebagai kantor yang melayani kegiatan ekspor, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo yang memberikan pelatihan dan keterampilan produk, serta perwakilan DHL Express Indonesia sebagai salah satu kurir yang diundang untuk mengikuti simbolisme pelaksanaan pelepasan ekspor.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: