MRT Fase 3 Cibitung-Balaraja Dibangun 2024, Kajian Teknis Rampung Tahun Depan

MRT Fase 3 Cibitung-Balaraja Dibangun 2024, Kajian Teknis Rampung Tahun Depan

Suasana gerbong MRT.-Irwan Citrajaya.-Jakartamrt.co.id

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Pemerintah agaknya serius membenahi transportasi massal di Ibu Kota Jakarta. Setelah pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) Fase 2 Bundaran HI - Kota, Pemerintah akan melanjutkannya dengan MRt Fase 3 dan Fase 4. 

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Senin 24 Oktober 2022. 

BACA JUGA:Alhamdulillah Tarif Transjakarta, LRT dan MRT Gak Jadi Naik, DPRD DKI: Kasihan Rakyat Lagi Susah

BACA JUGA:Duh, 550 Pohon Tergusur Proyek MRT Jakarta Fase 2A, Ada yang Kena Relokasi

Menhub mengatakan, proyek MRT fase 3 atau fase timur barat (east-west) saat ini sedang dikebut uji kelayakannya (feasibility study/FS). 

Budi Karya menargetkan kajian teknis atau FS itu bakal rampung tahun depan. Jika target itu tercapai, diharapkan mulai 2024 MRT yang menghubungkan barat dan timur Jakarta bakal mulai dibangun. 

Proyek MRT itu diperkirakan panjangnya sekitar 87 kilometer. 

"Berkaitan MRT east west ini masih tahap feasibility study, MRT-nya itu dari Cibitung ke Balaraja, cuma yang punya kemampuan subsidi kan DKI. Kita feasibility study east west berlangsung sekarang. Nah diharapkan 2023 sudah selesai, dan 2024 mulai dibangun," papar Budi Karya. 

BACA JUGA:Selama Konstruksi Stasiun Thamrin, MRT Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

BACA JUGA:Kapan Tarif Integrasi TransJakarta-MRT-LRT Dipatok Rp10 Ribu Berlaku? Dishub: Tunggu DPRD DKI Setuju

Mengenai total biaya yang akan dibutuhkan, Budi Karya belum banyak mengungkapkan. Menurutnya semua akan terlihat saat FS selesai. Namun ia memastikan, proyek MRT yang cukup panjang ini bakal digarap dengan bantuan Inggris dan juga Jepang.

"Mengenai biaya, berkaitan dengan feasibility study, karena Jepang dan UK (Inggris) itu lakukan hitungan setelah feasibility study," kata Budi Karya.

Berbeda seperti fase I MRT Jakarta yang hanya melibatkan Jepang, Budi Karya mengatakan fase-fase MRT Jakarta berikutnya. Termasuk fase 3 east west dan fase 4 Fatmawati-Taman Mini Indonesia Indah (TMII) bakal digarap oleh 3 negara.

MRT Fase 3 east west akan digarap bekerja sama dengan Jepang dan Inggris. Sementara di fase 4 akan bekerja sama dengan pihak Korea Selatan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: