Komisi X DPR-RI Soal PSSI: Mundur dan KLB Bukan Solusi Permanen, Hanya Akan Melanjutkan Tradisi Buruk!

Komisi X DPR-RI Soal PSSI: Mundur dan KLB Bukan Solusi Permanen, Hanya Akan Melanjutkan Tradisi Buruk!

Anggota Komisi X DPR RI, Moh. Haerul Amri (Ist)--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Anggota Komisi X DPR RI Moh. Haerul Amri mendukung pembenahan terhadap persepakbolaan nasional, pasca kejadian Tragedi Kanjuruhan yang membuat 134 nyawa melayang. 

Haerul yang merupakan Anggota Fraksi NasDem itu mengatakan, semangat pembenahan harus digaungkan oleh seluruh pihak yang berkepentingan, termasuk juga dukungan dari suporter. 

BACA JUGA:PSSI Tolak Rekomendasi TGIPF soal KLB, Kaesang Pangarep Beri Sindiran Halus

BACA JUGA:Usai Diperiksa, Waketum PSSI: Pesan Presiden FIFA di Sepakbola akan Banyak Kejadian Tapi Harus Tetap Jalan

Namun demikian kata Haerul, memaksakan untuk meminta mundur para pengurus Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), termasuk menuntut adanya Kongres Luar Biasa (KLB), bukanlah solusi permanen yang diharapkan. 

Menurut Haerul, memaksa mundur pengurus SPPI ataupun memaksakan KLB, hanya akan menimbulkan permasalahan baru serta melanjutkan tradisi jatuh menjatuhkan yang justru tidak baik. 

"Amanat Presiden untuk Transformasi Sepakbola Nasional harus menjadi perhatian bersama, dan tanggung jawab bersama. Karena itu mari kita fokus pada evaluasi dan pembenahan tata kelola sepakbola kita," ujar Haerul kepada fin.co.id, Senin 24 Oktober 2022.

Ia juga mengajak seluruh pihak, mulai dari Kemenpora, PSSI, Klub, hingga suporter sepakbola nasional, tidak perlu melakukan hal-hal yang justru akan semakin memperburuk citra persepakbolaan nasional. 

BACA JUGA:Komnas HAM 'Sentil' PSSI dan FIFA Gelar Fun Footbal: Hormati Korban Kanjuruhan

BACA JUGA:Susi Pudjiastuti 'Sentil' PSSI dan Presiden FIFA Gegara Main Bola: Emphaty Dimana?

"Di tengah musibah yang menimpa para korban di Kanjuruhan, mari bersama tingkatkan empati dan kepedulian kita. Sudahi saling menyalahkan dan melempar tanggung jawab," tegasnya. 

Namun demikian, ia juga mengapresiasi upaya berbagai pihak termasuk pemerintah melalui Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang bergerak cepat untuk berkoordinasi dengan FIFA sehingga Indonesia tidak mendapatkan sanksi. 

Tak hanya itu, Haerul juga mengapresiasi respon cepat FIFA yang telah mengirimkan delegasinya ke Indonesia, untuk membantu mereformasi persepakbolaan nasional. 

Upaya-upaya inilah menurutnya yang harus didukung dengan penuh kesadaran oleh seluruh pihak yang terlibat di dalamnya. Ia berharap, persepakbolaan nasional bisa segera bangkit dan menunjukkan prestasinya. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: