Konimex Tarik Produk Termorex Sirup Sesuai Edaran BPOM

Konimex Tarik Produk Termorex Sirup Sesuai Edaran BPOM

Ilustrasi obat sirop dituang ke sendok.-boomlive.in-

JAKARTA, FIN.CO.ID- PT Konimex bakal menarik dan menghentikan produksi dan distribusi obat sirop Termorex Sirup 60ml nomor batch AUG22A06 sesuai dengan surat edaran dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan RI (BPOM).

Chief Executive Officer PT Konimex Rachmadi Joesoef menegaskan bahwa seluruh obat dalam bentuk sirup yang diproduksi tidak menggunakan bahan baku Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG).

"PT Konimex senantiasa memastikan bahan baku yang digunakan dari mitra pemasok yang telah bermitra selama puluhan tahun, memenuhi persyaratan sesuai buku standar obat yang dikeluarkan oleh badan resmi Pemerintah (Farmakope)," kata Rachmadi lewat keterangan tertulis, Jumat 21 Oktober 2022.

Namun, pihaknya memahami langkah antisipatif yang diambil oleh pihak berwenang.

Rachmadi mengatakan pihaknya selalu menjamin keamanan dan kualitas bahan baku, proses produksi dan distribusi seluruh lini produknya sesuai dengan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB), termasuk produk Termorex yang pertama kali diproduksi 34 tahun lalu.

BACA JUGA:Ramai Bahaya Obat Sirop, Ini Ramuan Alami Turunkan Panas Demam

BACA JUGA:Ini Daftar Obat Sirop yang Ditarik BPOM Karena Dianggap Berbahaya

"PT Konimex juga senantiasa mematuhi segala kebijakan dan aturan yang ditetapkan pihak berwenang, guna memastikan semua lini produk kami aman dikonsumsi masyarakat," kata dia.

Rachmadi menambahkan pihaknya tengah berkoordinasi dengan BPOM RI dan pihak-pihak terkait untuk memastikan bahwa seluruh produk Konimex dalam sediaan sirup telah melalui proses produksi sesuai Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dan aman untuk dikonsumsi sesuai anjuran.

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI mengumumkan lima produk obat sirop di Indonesia yang mengandung cemaran Etilen Glikol (EG) melampaui ambang batas aman.

Dilansir dari laman resmi BPOM RI, www.pom.go.id di Jakarta, Kamis, salah satu dari produk itu adalah Termorex Sirup (obat demam), produksi PT Konimex dengan nomor izin edar DBL7813003537A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.

BACA JUGA:Obat Sirop OB Herbal Dijamin Tak Mengandung Etilen dan Dietilen Glikol, Deltomed: Tak Usah Khawatir ya Moms!

BACA JUGA:DPR Dorong Pemerintah Tegas Melarang Penjualan Obat Sirop Paracetamol

Berikut 4 poroduk obat Sirop yang ditarik karena dianggap berbahaya: 

Sumber: