Paracetamol Bukan Penyebab Masalah Ginjal, Ini Dosis Amannya

Paracetamol Bukan Penyebab Masalah Ginjal, Ini Dosis Amannya

Obat Sirop, Image oleh Steffen Frank dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Obat sirup mengandung paracetamol sedang jadi sorotan, lantaran adanya potensi berbahaya yang disebabkan oleh beberapa jenis obat, terkait potensi gagal ginjal akut.

Akibatnya, Kemenkes telah mengeluarkan instruksi untuk menghentikan sementara penjualan obat sirup di apotek di seluruh Indonesia.

Dalam keterangan pihak kemenkes, paracetamol bukanlah penyebab masalah ginjal akut yang ramai diberitakan.

BACA JUGA:Patuhi Instruksi Kemenkes, Penjualan Obat Sirup di Kabupaten Tangerang Sudah Dihentikan Seluruh Apotek

Sementara itu menurut ahli, paracetamol memang yang jadi andalan bagi sebagian orang, untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Karena secara medis, paracetamol memiliki fungsi sebagai pereda demam dan obat nyeri, selama masih dalam kategori ringan hingga sedang.

Paracetamol sendiri termasuk jenis obat-obatan yang dijual bebas di saran dan sangat mudah ditemukan di apotik terdekat.

Pertanyaannya, adakah efek samping minum paracetamol, terlebih jika terlalu sering diandalkan untuk mengatasi demam dan rasa sakit?

“Konsumsi 4 hingga 5 tablet paracetamol dalam sehari, asalkan ada indikasi medis tepat yang mendasari, sejatinya tidak selalu dilarang,” kata dr. Nadio Nurotul Fuadah seperti dikutip FIN dari Alodokter.

“Beragam studi menyebutkan bahwa konsumsi hingga 4000 mg paracetamol dalam sehari seringnya masih tergolong aman,” ungkap dia.

Akan tetapi perlu dicatat pula bahwa bagi mereka yang punya masalah kondisi kesehatan tertentu, tidak bisa sesukanya meminum paracetamol, kebanyakan minum paracetamol picu efek samping yang tidak diinginkan.

“Kecuali, jika Anda alergi terhadap obat ini, jika Anda memiliki sakit-sakit tertentu (misalnya gangguan ginjal, gangguan hati, dan sebagainya), atau jika Anda mengkonsumsi obat dengan dosis besar dalam jangka panjang, maka memang bisa saja muncul beragam efek samping,” jelas dr. Nadia.

Adapun efek samping minum paracetamol yang dimaksud di sini kata dr. Nadia, adalah seperti seperti perdarahan lambung dan saluran cerna.
Mereka yang mengalami pendarahan lambung dan saluran cerna, sebagai efek samping paracetamol, menunjukan beberapa gejala meliputi:

Sumber: