Rencana Besar Jokowi di IKN: Transportasi Pakai Mobil Listrik Tanpa Sopir

Rencana Besar Jokowi di IKN: Transportasi Pakai Mobil Listrik Tanpa Sopir

Presiden Joko Widodo dan para Gubernur se-Indonesia melakukan proses penyatuan tanah dan air di Titik Nol IKN Nusantara, Kalimantan Timur -setkab.go.id-

JAKARTA, FIN.CO.ID- Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, sumber energi di Ibu Kota Negara (IKN) nantinya berasal dari energi terbarukan atau renewable energy. Termasuk dalam hal transportasi.

Jokowi mengatakan, pemerintah akan mengembangkan teknologi kendaraan otonom berbasis listrik atau autonomous vehicle (AV) di IKN.

“Kemudian 80 persen transportasinya adalah transportasi umum, autonomous vehicle, tanpa awak dan tanpa supir. Jadi yang kita hargai di sana adalah pejalan kaki, yang kita hargai di sana adalah orang yang senang naik sepeda. Ten minutes city, jarak tempuh kemana-mana itu adalah ada dalam 10 menit,” kata Presiden di The Ballroom Djakarta Theater, Jakarta, Selasa 18 Oktober 2022.

Lebih lanjut, Presiden mengatakan bahwa budaya kerja yang akan dibangun di IKN nantinya adalah budaya kerja produktif. 

Budaya tersebut, kata Presiden, dapat diwujudkan dengan didukung tata kelola dan manajemen yang baik, serta implementasi teknologi yang mumpuni.

BACA JUGA:Harap Tenang, Investor Pembangunan IKN Nusantara Dapat Jaminan Pengembalian Investasi Dari Pemerintah

BACA JUGA:Audi Kembangkan Filter Partikulat untuk Mobil Listrik, Ini Fungsinya

“Smart living, smart city, layanan masyarakat lewat aplikasi, akta lahir, akta nikah lewat handphone, paperless. Ini yang ingin kita bangun,”katanya. 

Jokowi berujar, IKN nantinya merupakan wujud perubahan peradaban Indonesia dengan menghadirkan konsep pembangunan Indonesiasentris.

Melalui pembangunan IKN, Jokowi mengatakan, pembangunan dan angka perekonomian daerah yang tinggi nantinya tidak lagi hanya terpusat di Pulau Jawa.

“Indonesia perlu keadilan ekonomi, sekali lagi ada 17 ribu pulau, bukan hanya satu pulau. Perlu kesetaraan pembangunan, perlu pemerataan pembangunan. Ini yang ingin kita hadirkan yaitu dengan membangun Ibu Kota Nusantara,” ucap Presiden.

Presiden menuturkan, Nusantara dibangun dengan konsep kota pintar masa depan berbasis alam dengan 70 persen area di IKN merupakan area hijau. 

BACA JUGA:Miliki Daya Tarik Investasi Besar, Pengamat Dukung Jokowi Pimpin Jajak Pasar IKN

BACA JUGA:Rapimnas Partai Demokrat, Ketum AHY Singgung Tunda Pemindahan IKN

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: