PLN Operasikan PLTS Pulau Derawan di Kalimantan, Kawasan Wisata Unggulan Makin Menawan

PLN Operasikan PLTS Pulau Derawan di Kalimantan, Kawasan Wisata Unggulan Makin Menawan

PT PLN (Persero) mendukung Pulau Derawan Berau, Kalimantan Timur, sebagai Green Island dengan memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)--(dok.PLN)

BERAU, FIN.CO.ID -- PT PLN (Persero) mendukung Pulau Derawan Berau, Kalimantan Timur sebagai Green Island untuk menarik wisatawan, dengan memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di wilayah tersebut. Hadirnya PLTS ini membuat Pulau Derawan semakin menawan bagi wisatawan.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, Joice Lanny Wantania, mengatakan Pulau Derawan merupakan salah satu pesona wisata bahari yang memukau karena keindahan alam bawah lautnya, hadirnya PLTS Derawan merupakan wujud nyata komitmen PLN dalam mencapai Net Zero Emission 2060 melalui pemanfaatkan energi baru terbarukan.

BACA JUGA:Transformasi Layanan Pelanggan PLN 123 Raih 56 Medali di Ajang The Best Contact Center Indonesia Award

BACA JUGA:Manfaatkan Penambahan Daya PLN, Produkvitas UMKM Hidroponik di Tangerang Naik 100 Persen

"Hadirnya PLTS di Pulau Derawan menunjukkan komitmen PLN dalam penggunaan sumber listrik ramah lingkungan, sekaligus untuk meningkatkan bauran energi hijau di Indonesia," kata Joice.

Dikelola oleh PLN sejak tahun 2012, PLTS Derawan beroperasi dengan daya mampu maksimum hingga 80 kilo watt peak (kWp) untuk menyuplai listrik warga kepulauan Derawan.

Menurut Joice, keberadaan PLTS Derawan terus diperbaiki dan direvitalisasi sehingga bisa memberikan suplai listrik yang lebih stabil bagi warga setempat.

“Saat ini kami fokus melakukan pengelolaan agar operasi PLTS Derawan bisa maksimal. Ke depannya kami rencanakan untuk melakukan revitalisasi panel surya untuk meningkatkan kapasitas hingga 190 kWp," tambahnya.

BACA JUGA:165 KK di Dusun Dasan Baru Lombok Timur Nikmati Air Bersih dari Program PLN Peduli

Penggunaan energi hijau PLTS Derawan juga diapresiasi oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Ilyas Natsir. Menurut Ilyas penggunaan PLTS akan mendorong kawasan wisata Pulau Derawan semakin hijau.

“Kami mendukung penuh penggunaan energi baru terbarukan di Pulau Derawan. Harapannya, Pulau Derawan semakin ramah lingkungan, semakin bersih, sehingga semakin memikat para wisatawan untuk datang berkunjung”, kata Ilyas.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: