Mendag Zulhas Klaim Indonesia Bisa Jadi Basis Produksi Ponsel

Mendag Zulhas Klaim Indonesia Bisa Jadi Basis Produksi Ponsel

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulifli Hasan atau Zulhas dan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.-Biro Humas Kemendag-

JAKARTA, FIN.CO.ID- Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengklaim, Indonesia bisa menjadi basis produksi telepon seluler (ponsel) pintar yang diekspor ke berbagai negara di dunia. 

Hal ini ditunjukkan dengan pencapaian produksi ponsel pintar PT Samsung Electronics Indonesia (PT SEIN) yang berhasil mengekspor 8 juta unit ponsel pintar ke berbagai negara sejak 2018 hingga kuartal ke-3 tahun 2022.

Hal tersebut disampaikan Mendag Zulkifli Hasan saat melepas ekspor ponsel pintar produksi PT SEIN ke beberapa negara pada hari ini, Kamis 13 Oktober 2022 di Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat

Zulhas menegaskan, pelepasan ekspor PT SEIN ini merupakan salah satu bentuk nyata peran pelaku usaha Indonesia yang terus mendorong ekspor ke berbagai negara mitra dagang Indonesia. 

BACA JUGA:Kemendagri Setujui Pembentukan Dewan Disabilitas Jakarta pada Peraturan Daerah

BACA JUGA:Mendag Zulkifli Beri Dukungan Pengusaha IWAPI dan AWEN

"Selain itu, capaian ekspor ini tentunya dapat mendorong Indonesia untuk menjadi basis produksi untuk produk elektronik, termasuk telepon seluler (ponsel) pintar (smartphone),”kata Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag Zulkifli Hasan juga menyampaikan apresiasinya atas kontribusi Samsung terhadap produksi dalam negeri.

“Saya sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pimpinan PT SEIN beserta jajaran yang terus mendorong peningkatan ekspor Indonesia untuk produk elektronik, termasuk ponsel pintar,”ungkap Mendag Zulkifli Hasan.

Capaian ini, lanjut Mendag Zulkifli Hasan, dimungkinkan karena kerja keras dan dedikasi para eksportir Indonesia, termasuk PT SEIN. 

“Namun, kita tidak boleh lengah sebab tantangan global ke depannya akan semakin besar. Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan kepada saya untuk meningkatkan ekspor dan meminta agar Kemendag melakukan misi dagang setiap bulan,”tambahnya.

BACA JUGA:Mendagri Bantah Tudingan Andi Arief Soal Istana Lobi Jabatan Wagub Papua

BACA JUGA:Mendagri Minta ASN Netral Saat Pilpres 2024

Mendag Zulkifli Hasan menjelaskan, sektor elektronik merupakan sektor unggulan yang masuk dalam prioritas Making Indonesia 4.0. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: