Soal NasDem Deklarasi Anies, PDI-P: Jangan Calonkan Orang yang Punya Kebijakan Berbeda

Soal NasDem Deklarasi Anies, PDI-P: Jangan Calonkan Orang yang Punya Kebijakan Berbeda

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.-pdiperjuangan.id-

JAKARTA, FIN.CO.ID- Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyoal keputusan partai NasDem yang mencalonkan Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024. 

Hasto menyinggung soal etika politik partai-partai pendukung Pemerintahan Presiden Joko Wiodo-Ma'ruf Amin.

Hasto mengatakan, partai politik pendukung Jokowi-Ma'ruf terikat dengan etika politik untuk mendorong keberhasilan Jokowi-Ma'ruf.

Meski begitu, Hasto bilang PDI-P tidak mau mencampuri kedaulatan partai lain.

"Prinsipnya partai tidak mencampuri kedaulatan partai politik lain mau mencalonkan siapa. Hanya saja partai politik pengusung pak Jokowi kan terikat suatu etika politik dalam mendorong keberhasilan pak Jokowi dan KH Ma'ruf Amin. Dan dukungan itu diberikan selama lima tahun," kata Hasto dikutip siaran pers, Selasa 11 Oktober 2022.

Menurut dia, kerja sama politik atau koalisi harus bertahan lama dan tak bisa sesaat.

BACA JUGA:Nasdem Capreskan Anies Dikaitkan Banjir Jakarta, Kata Sekjen PDIP, Situasi yang Sama saat Deklarasi Jokowi

BACA JUGA:Terbongkar Alasan NasDem Usung Anies Jadi Capres 2024, Ternyata Ada Tiga Kriteria yang Dimiliki

"Makanya kami mengawal partai yang bekerja sama mendukung pak Jokowi ini," ujarnya dalam siaran persnya.

Hasto mengatakan, seharusnya ketika pemerintahan Jokowi menempatkan skala prioritas mengatasi masalah perekonomian, maka partai politik pengusung juga harus memiliki komitmen yang sama. 

Begitupun, ketika Pemerintahan Jokowi memiliki kebijakan pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan, semua harus mendukungnya.

Hasto mengatakan, partai politik pendukung pemerintah jangan sampai mencalonkan seseorang yang mempunyai kebijakan yang berbeda dari pemerintahan Jokowi.

"Jadi jangan sampai mencalonkan seseorang (Anies Baswedan-red) yang punya kebijakan berbeda. Ketika misalnya ada kebijakan berbeda dari calon yang diusung parpol itu dengan pak Jokowi maka akan kontradiktif. Tapi sekali lagi, PDI Perjuangan tak campur tangan dengan kedaulatan parpol lain," kata Hasto.

Namun, skala prioritas PDI Perjuangan saat ini adalah mendorong setinggi tingginya prestasi demi kemajuan rakyat di pemerintahan Pak Jokowi dan KH Ma'ruf Amin.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: