Tips Menumbuhkan Kumis dari dr. Arrum, Buat Anda yang Belum Punya Facial Hair

Tips Menumbuhkan Kumis dari dr. Arrum, Buat Anda yang Belum Punya Facial Hair

Kumis, Image oleh Pexels dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda seorang pria namun belum juga memiliki facial hair seperti kumis contohnya.

Padahal bagi sebagian pria, keberadaan kumis bisa menambah daya tarik mereka di hadapan lawan jenisnya.

Untuk mereka yang wajahnya belum ditumbuhi kumis, ada tips dari dokter yang bisa Anda coba untuk mempercepat pertumbuhan kumis.

Menurut dr. Arrum Putri Amalia, salah satu cara untuk mempercepat pertumbuhan kumis, adalah dengan cara memenuhi gizi yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksinya.

“Untuk mempercepat pertumbuhan kumis dan volumenya, Anda perlu memenuhi nutrisi yang baik untuk rambut,” kata dr. Arrum Putri Amalia seperti dikutip FIN dari Alodokter.

“Seperti dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung protein, biotin, kayu manis, dan menggunakan minyak alami pada area kumis seperti minyak kemiri,” sambungnya.

Akan tetapi lanjut dr. Arrum, jika tips ini gagal membuat Anda tumbuh kumis, maka mendatangi langsung dokter spesialis adalah yang paling dianjurkan, untuk mengatasi terlambatnya pertumbuhan kumis Anda.

“Jika nantinya seiring dengan pertambahan usia, rambut kumis anda belum tumbuh juga, maka anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter kulit”.

Mengapa harus ke dokter kulit, lanjut dr. Arrum Putri Amalia, “Karena bisa saja anda membutuhkan obat penumbuh rambut, jika memang nantinya diperlukan setelah dilakukannya pemeriksaan.

Apa Sering Mencukur Kumis Memuatnya Lebih Lebat?

Mungkin Anda sering mendengar bahwa apakah cara mencukur kumis dapat melebatkan kembali?

Pertanyaannya lainnya adalah bagaimana cara mencukur kumis dan jenggot agar tidak tumbuh lagi?

Menurut dr. Arrum Putri Amalia, tidak ada hubungannya antara kebiasaan orang mencukur kumis dengan tingkat kelebatannya.

“Asumsi bahwa mencukur bulu kumis dapat membuat rambut kumis tumbuh lebat, sebenarnya hanyalah mitos,” kata dr. Arrum Putri Amalia seperti dikutip FIN dari Alodokter.

“Kecepatan dan jumlah pertumbuhan rambut termasuk pada area kumis, hanya dipengaruhi oleh perubahan hormon di dalam tubuh serta dipengaruhi pula oleh faktor genetik atau keturunan,” jelas dia.

Karenanya, bagi mereka yang khawatir memiliki kumis lebat lantaran rajin mencukurnya, tidak lagi perlu khawatir akan hal ini.

“Oleh karena itu, anda tidak perlu khawatir, karena selama masa pubertas anda belum selesai maka nantinya rambut pada kumis akan tumbuh dengan sendirinya secara alami,” tambah dr. Arrum Putri Amalia.

5 Cara Mencukur Kumis dengan Benar

Mencukur kumis bagi sebagian besar pria merupakan kebiasaan atau rutinitas.

Meski terkesan mudah, tetap perlu mengetahui cara mencukur kumis dengan benar.

Jika tidak, akan membuat penampilan tidak menarik atau berimbas pada luka hingga iritasi kulit.

Untuk itu perlu memperhatikan tips mencukur kumis dan jenggot sebagai berikut :

1. Basahi kumis atau jenggot
Basahi kumis atau jenggot terlebih dahulu agar proses mencukur mudah.

Anda bisa juga mencuci wajah atau area kumis dan jenggot yang hendak dicukur.

2. Pemakaian krim cukur

Setelah membasahi kumis dan jenggot, gunakan krim cukur.

Krim cukur dimaksudkan agar kelembaban rambut pada kumis dan jenggot terjaga serta menghindari iritasi serta luka akibat pisau cukur.

Oleskan krim cukur dengan gerakan melingkar ke atas.

Hal ini berfungsi untuk membuat kumis terangkat keatas sehingga pisau cukur bisa mencukur kumis dengan lebih efektif.

3. Jangan terlalu menekan pisau cukur

Sering pria menekan alat cukur tanpa sadar saat menggunakan pisau cukur.

Padahal hal ini akan membuat kulit wajah terluka dan iritasi.

Cara menekan pisau cukur juga membuat kulit terkikis sehingga membuat pori-pori kulit jadi jauh lebih besar.

4. Cukur kumis searah pertumbuhan rambut

Banyak orang mencukur kumis berlawanan arah cukur dengan harapan agar lebih bersih.

Nyatanya, mencukur kumis berlawanan arah menyebabkan aliran darah meningkat ke permukaan kulit yang bisa menimbulkan luka.

Hal ini juga akan membuat kumis tumbuh lebih kasar dan tidak rapi, tumbuh tidak beraturan dengan ujung yang lebih tajam.

5. Bersihkan wajah

Bersihkanlah wajah dengan air dingin untuk membantu menutup pori-pori kulit yang terbuka usai mencukur.

Gunakan sabun cuci muka yang tidak menyebabkan kulit perih, bila perlu tambahkan toner untuk melembabkan kembali area wajah yang dicukur.

Lidah Buaya dapat Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan klaim yang mengatakan bahwa aloe vera atau lidah buaya, memiliki kemampuan untuk menumbuhkan rambut hingga mempercepat pertumbuhannya.

Pertanyaannya, benarkah klaim itu atau hanya sekedar mitos belaka? Inilah yang coba dijawab ahli dalam sebuah artikel.

Menurut ahli, klaim yang mengatakan lidah buaya itu sangat baik untuk menumbuhkan rambut dan menyehatkannya, bukanlah hisapan jempol belaka.

“Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman yang diketahui dapat mengatasi berbagai macam masalah rambut. Hal ini lantaran lidah buaya kaya akan nutrisi penting yang bermanfaat dalam menebalkan dan menumbuhkan rambut”.

“Menariknya lagi, lidah buaya juga diketahui dapat menyehatkan rambut dan membuatnya  berkilau secara alami,” kata ahli seperti dikutip FIN dari Halodoc.

Adapun dalam penggunaannya, Anda dianjurkannya untuk mengoleskan gel lidah buaya ini, secara menyeluruh dari akar rambut dan ke seluruh bagian kepala.

“Diamkan gel tersebut sekitar satu jam, kemudian bilas rambut dan kepala dengan air bersih”.

Tidak peduli berapa usia Anda, masalah jerawat adalah sesuatu yang kerap dikeluhkan dari mereka yang remaja hingga dewasa.

Kondisi kulit yang satu ini dapat menyebabkan orang jadi minder atau kurang pede di hadapan orang lain.

Terkadang menyakitkan, peradangan yang terjadi di area kulit wajah ini juga meninggalkan masalah lain, yakni noda hitam di wajah.

Untungnya, kondisi ini bukan tanpa solusi, karena dengan memanfaatkan apa yang ditawarkan alam, Anda bisa mengatasi noda hitam yang ditinggalkan jerawat.

Ya, menurut ahli, via Healtline, masalah noda hitam akibat jerawat ini bisa dihilangkan dengan cara mengoleskan gel yang diproduksi oleh lidah buaya.

Ya, dengan mengoleskan lidah buaya pada noda hitam bekas jerawat, Anda bisa mendapatkan kembali kepercayaan diri yang sempat hilang.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: