Mantan Menteri KKP Susi Pudjiastuti Diperiksa Kejagung Hari Ini Terkait Kasus Impor Garam

Mantan Menteri KKP Susi Pudjiastuti Diperiksa Kejagung Hari Ini Terkait Kasus Impor Garam

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.-Instagram/@susipudjiastuti115-

JAKARTA, FIN.CO.ID- Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti dijadwalkan menjalani pemeriksaan oleh Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (kejagung) hari ini, Jumat 7 Oktober 2022.

Susi Pudjiastuti tiba di Gedung Bundar sekitar pukul 09.00 WIB didampingi pengacaranya.

"Iya (diperiksa) sudah ada di Gedung Bundar," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan RI, Ketut Sumedana, Jumat 7 Oktober 2022.

Susi Pudjiastuti diperiksa sebagai saksi terkait perkara impor garam tahun 2018. Ketut tidak menjelaskan secara rinci ihwal pemeriksaan Susi. "Nanti Dirdik doorstop," kata Ketut.

Kejaksaan belum menetapkan tersangka dalam perkara ini, begitu pula dengan kerugian negara sedang dilakukan perhitungan.

BACA JUGA:Susi Pudjiastuti Bilang Begini Tahu Jenderal Andika Bakal Pidanakan Prajurit TNI Lakukan Kekerasan ke Suporter

BACA JUGA:Korban Jiwa Insiden Kanjuruhan Bertambah 174, Susi Pudjiastuti Beri Pesan Serius

Akan tetapi kasus ini sudah naik di tahap penyidikan sejak Juni 2022 setelah dilakukan gelar perkara. 

Kasus ini bermula, pada tahun 2018, Kemendag menerbitkan kuota persetujuan impor garam. 

Ada 21 perusahaan importir garam yang mendapat kuota persetujuan impor garam industri atau setidaknya sebanyak 3.770.346 ton atau dengan nilai sebesar Rp 2.054.310.721.560. 

Akan tetapi, proses itu dilakukan tanpa memperhitungkan stok garam lokal dan stok garam industri yang tersedia. Hal ini kemudian mengakibatkan garam industri melimpah.

Untuk mengatasinya, para importir mengalihkan garam itu dengan cara melawan hukum, yakni garam industri itu diperuntukkan menjadi garam konsumsi dengan perbandingan harga yang cukup tinggi, sehingga mengakibatkan kerugian bagi petani garam lokal dan merugikan perekonomian negara. 

 

BACA JUGA:Momen Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi Dipayungi Oknum Anggota Brimob saat Tiba di Kejagung

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: