BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem di Wilayah Tangerang Terjadi Hingga Tiga Hari ke Depan, Masyarakat Diminta Waspada

BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem di Wilayah Tangerang Terjadi Hingga Tiga Hari ke Depan, Masyarakat Diminta Waspada

Pohon tumbang akibat cuaca ekstrem di wilayah Kabupaten Tangerang.--

TANGERANG, FIN.CO.ID -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan disertai petir dan angin kencang di wilayah Tangerang dan sekitarnya akan terjadi hingga tiga hari ke depan. 

Kepala Bidang Koordinator Data dan Informasi BMKG wilayah II Sutiyono mengatakan, berdasarkan pantauan cuaca, terdapat potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Provinsi Banten termasuk Tangerang. 

BACA JUGA:Daftar Nama Korban Meninggal dan Luka Tembok Ambruk MTSN 19 Pondok Labu Jakarta Selatan

"Kondisi ini terpantau masih akan signifikan (terjadi) hingga 3 hari kedepan," kata Sutiyono kepada wartawan FIN di Tangerang, Kamis 5 Oktober 2022.

Dia menjelaskan, kondisi cuaca ekstrem ini disebabkan karena adanya beberapa faktor. Yaitu, beberapa wilayah Provinsi Banten yang mulai memasuki musim penghujan.

Kemudian, karena kondisi suhu permukaan laut yang hangat di wilayah perairan di sekitar Pulau Jawa yang dapat mendukung adanya penguapan.

"Serta adanya daerah perlambatan kecepatan angin yang datang dari arah Tenggara, sehingga menyebabkan adanya penumpukan massa udara di wilayah Pulau Jawa, termasuk Provinsi Banten," jelasnya

BACA JUGA:Arief: Ada Peningkatan Inflasi 1 Persen Harus Diwaspadai Bersama

Selain itu juga cuaca ekstrem yang terjadi diakibatkan oleh adanya nilai OLR yang terpantau sangat rendah akibat adanya gangguan gelombang atmosfer seperti Equatorial Rossby, Equatorial Low, dan potensi penguatan gelombang MJO.

Serta adanya kondisi lokal Provinsi Banten yang ditandai oleh tingginya nilai labilitas udara.

"Oleh karena itu masyarakat mestu waspada jangan panii dan selalu update info dari BMKG dengan selalu memantau informasi Prakiraan dan Peringatan Dini dari BMKG Wilayah II," tukasnya

Adapun, kondisi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang akan terjadi di wilayah Tangerang yakni: 

BACA JUGA:Ini Unek-Unek Suporter Seluruh Indonesia dalam Pengusutan Tragedi Kanjuruhan ke TGIPF

Kabupaten Tangerang

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: