Firli Bahuri Berupaya Tersangkakan Anies Baswedan? Begini Kata KPK

Firli Bahuri Berupaya Tersangkakan Anies Baswedan? Begini Kata KPK

Ketua KPK Firli Bahuri-Dok FIN-

JAKARTA, FIN.CO.ID- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) angkat bicara terkait sebuah pemberitaan yang menyebut Ketua KPK Firli Bahur sedang berusaha menjegal Anies Baswedan dengan menjadikannya sebagai tersangka kasus dugaan korupsi Formula E. 

Juru bicara KPK, Ali Fikri mengatakan, lembaganya sangat menyayangkan kasus tersebut diseret-seret ke persoalan politik. 

"KPK sangat menyayangkan proses penanganan perkara Formula E yang telah taat asas dan prosedur hukum ini justru kemudian diseret-seret dalam kepentingan politik oleh pihak-pihak tertentu," kata Ali Fikri di Jakarta, Senin 3 September 2022. 

Ali Fikri mengatakan, saat ini lembaganya masih menyelidiki kasus tersebut sebagai tindak lanjut atas pengaduan yang disampaikan masyarakat.

BACA JUGA:Ada Opini Hindari Pemeriksaan, Ini Harapan KPK ke Lukas Enembe

BACA JUGA: Ini Penjabat Gubernur DKI Jakarta yang Pantas Gantikan Anies Baswedan Berdasarkan Survei Trust Indonesia

Dia mengatakan, sejauh ini KPK telah melakukan telaah dan analisis awal untuk mengetahui apakah substansi aduan dimaksud merupakan tindak pidana korupsi atau tidak. 

Hal ini kata dia, sudah menjadi kewenangan KPK sebagaimana diatur Undang-Undang.

Ali Fikri mengatakan, KPK saat ini masih mengumpulkan informasi yang diperlukan dalam penanganan kasus tersebut.

Ia menjelaskan dalam proses internal KPK bahwa pada setiap penanganan perkara adalah dengan melakukan ekspose atau gelar perkara.

"Dalam gelar perkara tersebut dipaparkan hasil pengumpulan informasi oleh tim untuk mendapatkan saran dan masukan dari seluruh pihak yang ikut dalam forum tersebut," tuturnya.

Adapun pembahasan dilakukan secara konstruktif dan terbuka dalam forum tersebut. Menurutnya, semua peserta ekspose punya kesempatan sama untuk menyampaikan analisis maupun pandangannya.

BACA JUGA:Johanis Tanak Jadi Pimpinan KPK, Firli Bahuri: Selamat Datang, Mari Bersihkan Korupsi di Negeri Ini

BACA JUGA:Waduh! Jika Anies Baswedan Jadi Capres Pemilu 2024, Ketua Umum Pemuda Pancasila Bilang Begini

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: