Anda Mendengar Ada Suara Jangkrik tapi Orang Lain Tidak Dengar? Itu Ciri Penyakit Ini

Anda Mendengar Ada Suara Jangkrik tapi Orang Lain Tidak Dengar? Itu Ciri Penyakit Ini

Jangkrik, Image oleh Clker-Free-Vector-Images dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda mendengar suara jangkrik di telinga Anda? Dicari-cari pun Anda tidak mampu menemukan jangkrik itu.

Menurut ahli, via Halodoc, orang yang mendengar suara jangkrik dan hanya ia yang mendengarnya, maka ini bisa jadi pertanda dari tinnitus.

Ya, mendengar suara jangkrik yang tidak ada wujudnya pertanda Anda mungkin alami tinnitus.

BACA JUGA:Telinga Mendengung hingga Tuli Mendadak Itu Bisa Jadi Ciri Stroke

Suara jangkrik ini kata ahli, diproduksi oleh otak manusia, tepatnya di jaringan sel otak atau sirkuit saraf otak yang memproses suara yang didengar telinga manusia.

Tinnitus sendiri disebabkan oleh kerja sirkuit saraf otak, yang tengah beradaptasi dengan hilangnya sel-sel rambut sensorik yang dialami tubuh.
Tinnitus juga bisa terjadi akibat ketidakseimbangan pada sirkuit saraf, tepatnya pada telinga bagian dalam.

Meski ada yang tidak terganggu oleh tinnitus, namun kalau kondisi ini menggagu kualitas hidup penderitanya, maka kunjungan ke ruang dokter sangat dianjurkan.

Tinnitus juga disebut dapat menyebabkan atau memicu kondisi seperti kepala pusing, sakit telinga, gangguan pendengaran, kecemasan hingga depresei.

Penyebab Nyeri Telinga seperti Kemasukan Air

“Nyeri bagai kemasukan air yang Anda rasakan di telinga mungkin juga menandakan kondisi lain, seperti otitis eksterna, otitis media,” kata dr. Nadia Nurotul Fuadah seperti dikutip FIN dari Alodokter.

“(Kondisi lain seperti) gendang telinga pecah, tinnitus, disfungsi tuba Eustachius, sakit gigi, migrain, gangguan sendi rahang, dan banyak lagi kemungkinan lainnya,” tambanya.

Untuk mengatasi telinga yang nyeri seperti kemasukan air, dr. Nadia Nurotul Fuadah menyarankan Anda untuk melakukan gerakan tertentu melibatkan mulut.

“Lakukan gerakan mengunyah, misalnya dengan mengunyah permen karet bebas gula,” kata dr. Nadia menyarankan.

Selain itu, Anda bisa memberikan kompres hangat pada telinga yang Anda keluhkan terasa nyeri.

Dr. Nadia juga melarang Anda memasukan air atau mengorek telinga untuk meredakan nyeri yang sedang terjadi.

“(Selain itu) jauhi suara bising (dan) minum paracetamol untuk meringankan nyeri jika perlu. Bila keluhan belum membaik juga, segeralah periksa ke dokter atau dokter THT terdekat ya,” tutupnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: