Adakah Jenis Sayuran yang Pantang Dimakan Penderita Asam Urat? Ini Kata dr. Marlina

Adakah Jenis Sayuran yang Pantang Dimakan Penderita Asam Urat? Ini Kata dr. Marlina

Mie Goreng dengan Sayur, Image oleh Dean Page dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Ingin hidup terbebas dari radang yang disebabkan oleh gout, orang yang menderit aasam urat harus pintar dan bijak dalam memilih apa yang mereka makan.

Dan yang ditanya orang terkait kondisi ini, adalah apakah penderita asam urat punya pantangan ketika bicara konsumsi sayur?

Menurut ahli, pada dasarnya tidak ada jenis sayur pantang dimakan oleh penderita darah tinggi. Akan tetapi, yang jadi masalahnya sebenarnya adalah bagaimana sayur itu diolah sebelum di makan.

BACA JUGA:Apakah Penderita Asam Urat Boleh Makan Kerupuk? Ini Kata Dokter

dr. Riza Marlina mengatakan bahwa sayur yang ditumis dengan minyak atau digoreng, tidaklah dianjurkan untuk penderita asam urat. Sementara sayur yang direbus adalah yang terbaik untuk penderita.

“Jadi yang perlu anda jaga dan batasi (adalah) konsumsi makanan tinggi lemak dan tinggi purin, untuk sayuran sendiri tidak adalah larangan untuk anda konsumsi mala bagus untuk anda konsumsi ya”.

“Sebaiknya konsumsi sayuran yang direbus bukan di tumis dengan minyak atau digoreng,” kata dr. Riza Marlina seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Ia juga menambahkan, meski ada sayur yang mengandung purin di dalamnya, namun kemungkinan untuk mempengaruhi kadar asam urat dalam darah seseorang tidaklah perlu dikhawatirkan.

“Walaupun ada sayur yang mengandung purin itu kadarnya sedikit, jadi kemungkinan besar tidak berpengaruh ya. Jadi anda boleh konsumsi sayur yang anda sukai,” tutup dr. Riza Marlina.

Redakan Gejala Asam Urat dengan Air Jahe

Menurut sebuah studi, via Halodoc, kompres air jahe mampu mengurangi rasa sakit yang dipicu oleh asam urat.

Cara membuat kompres air jahe untuk mengatasi asam urat terbilang cukup mudah.

Pertama-tama, siapkan rebusan air yang dicampur dengan satu sendok makan jahe parut segar.

Lalu rendam kain di dalam air rebusan jahe tadi. Setelah suhunya dingin, tempelkan kompres air jahe di area yang terasa sakit. Biarkan kompres air jahe ini selama 15 hingga 30 menit.

Itu jika bicara kompres air jahe. Ada juga manfaat air jahe untuk menurunkan asam urat dengan cara diminum.

Cara membuatnya adalah dengan memasukan dua sendok teh jahe parut, dan dibiarkan hingga 10 menit. Minum rebusan air jahe ini tiga kali dalam sehari.


 


 



Sumber: