Benarkah Minuman Air Es Bikin Gemuk? Ini Kata Dokter

Benarkah Minuman Air Es Bikin Gemuk? Ini Kata Dokter

Air es atau air dingin. Ilustrasi-Pexels - Pixabay---

JAKARTA, FIN.CO.ID - Ada anggapan di masyarakat yang mengatakan bahwa minum air es bisa alami kegemukan. Benarkah anggapan itu mitos atau fakta?

Menurut dokter spesialis ahli gizi klinik dr Cindiawaty J Pudjiadi, MARS, MS, Sp.GK, seperti dilansir dari Antara, minum air dingin atau air es tidak menyebabkan kegemukan selama air es itu tidak ditambah dengan gula, seperti sirup, atau minuman manis lainnya.

"Pasien saya juga pernah bilang 'Nih dok anak saya gimana mau turun berat badannya orang minum es terus' gitu. Loh ya nggak apa-apa. Asalkan nggak ditambahin gula, sirup, atau minuman manis lainnya," katanya, Kamis 29 September 2022.

BACA JUGA:Gampang Tersinggung saat Main Game Bola? Anda Bisa Matikan Komentar Pedas di FIFA 23

BACA JUGA:[Hoax] Minum Air Es Bikin Badan Melar

Cindy menjelaskan bahwa air mineral tidak memiliki kalori baik dalam kondisi dingin maupun tidak. Sehingga, mengonsumsi air dingin tidak dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

"Air putih itu nggak ada kalorinya. Kecuali sudah ditambahin sirup, susu, dan lain-lain. Jadi mitos kalau dibilang air putih dingin bisa menyebabkan tubuh jadi gemuk," paparnya.

Selain itu, Cindy juga mengingatkan agar seseorang yang sedang dalam proses diet penurunan berat badan untuk selalu memperhitungkan kalori yang dia konsumsi.

Sebab, masih banyak masyarakat yang salah kaprah terkait pola diet yang sedang dijalaninya.

Misalnya diet yang hanya mengonsumsi buah-buahan dalam bentuk jus. Cindy mengatakan bahwa kalori yang terdapat dalam satu gelas jus yang mereka buat sama sekali tidak diperhitungkan dengan baik oleh sebagian besar orang. Alhasil, diet pun tidak akan berhasil dan justru dapat meningkatkan berat badan.

BACA JUGA:Benarkah Protein Bisa Bantu Turunkan Berat Badan? Simak Penjelasannya

BACA JUGA:Mau Sambut Hari Senin dengan Penuh Gairah? Coba Aja Tips Berikut Ini

"Jadi gini, kalau mau diet yang menurunkan berat badan, itu yang harus kita pertimbangkan adalah kalorinya. Misalnya jus. Pasien saya bilang 'Dok aku makan buah tapi dalam bentuk jus'. Dia bilang sehari 5 sampai 6 gelas dan nggak pakai gula. Tapi kalorinya berapa?" jelas Cindy.

"Misal jus jeruk, satu gelas berapa jeruk yang dipakai? Nggak mungkin cuma satu dong karena kan airnya dikit banget. Jadi harus banyak jeruknya supaya bisa jadi banyak segelas jeruk murni. Nah satu jeruk kalau kecil 50 kalori, gede 100 kalori. Hitung saja, dikalikan dengan jeruk yang dipakai jadi satu gelas," imbuhnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: