Muhammadiyah Kenang Sosok Almarhum Syekh Yusuf Al Qaradawi

Muhammadiyah Kenang Sosok Almarhum Syekh Yusuf Al Qaradawi

@alqaradawy (Twitter)--

JAKARTA, FIN.CO.ID- Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir ikut belasungkawa atas meninggalnya ulama mesir, Syekh Yusuf Al Qaradawi yang tutup usia pada Senin 26 September 2022.

Haedar Nashir  menyebut almarhum Syekh Yusuf Al Qaradawi merupakan ulama besar dunia yang mampu menunjukkan perkembangan pemikiran Islam yang dinamis.

"Transformasi pemikirannya yang semula lebih puritan menjadi maju menunjukkan perkembangan pemikiran Islam yang selalu dinamis dan tidak statis," ujar Haedar melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Selasa 27 Septe,ber 2022.

Bagi Haedar, wafatnya Syekh Yusuf Al Qaradawi membuat umat Islam sedunia kehilangan ulama besar yang berpikiran moderat dan maju.

Kala berkunjung ke PP Muhammadiyah di Jakarta tiga dekade lalu, kata Haedar, Yusuf Qaradawi dengan tegas menyatakan hisab itu "qothiy" (pasti), sedangkan rukyat itu "dhanny" (meragukan, banyak kemungkinan).

BACA JUGA:Prof Azyumardi Azra Wafat, Ketum PP Muhammadiyah: Beliau Adalah Cendekiawan Muslim dan Intelektual Bangsa

BACA JUGA:Kasus Penganiayaan di Ponpes Gontor, Muhammadiyah: Jangan Nila Setitik Rusak Sebelanga

Menurut Haedar, pernyataan itu sangat mencerdaskan dan mencerahkan umat.

Haedar mengatakan umat Islam sedunia ketika berhadapan dengan hukum alam yang pasti, lebih-lebih menyangkut hari dan tanggal atau bulan dan tahun meniscayakan ilmu yang pasti dan kepastian agar segala transaksi dan regulasi hidup sehari-hari itu memiliki kepastian.

"Kecuali untuk hal-hal yang abstrak, sosial, dan ranah hidup yang metafisika. Jika ingin merebut masa depan, lebih-lebih pengetahuan alam semesta perlu ilmu pengetahuan yang pasti dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya secara lebih objektif," jelas Haedar.

Menurutnya, Syekh Yusuf Qaradawi melalui karya-karya terbarunya banyak mempromosikan pandangan keislaman yang "wasathiyyah" (tengahan).

BACA JUGA:Rektor Unila Ditangkap KPK, Muhammadiyah: Memalukan Bagi Dunia Pendidikan!

BACA JUGA:Muhammadiyah Soroti Dugaan Aliran Dana ACT ke Kelompok Terorisme: Kalau Terbukti Bekukan!

Yusuf Qaradawi, kata dia, mengajak umat Islam agar maju dan tengahan dalam beragama, serta tidak fanatik dan ekstrem, termasuk dalam ideologi dan politik. Ulama tersebut juga memiliki pandangan yang tengahan dengan dasar argumentasi "nash" yang kuat.

Sumber: antara