Pemkot Bekasi Belum Bongkar 4 Bangunan Ormas, Sekdis: Ada Satu dan Lain Hal

Pemkot Bekasi Belum Bongkar 4 Bangunan Ormas, Sekdis: Ada Satu dan Lain Hal

Alat Berat saat melakukan pembongkaran warung di sisi bangunan ormas, Kali Jati, Kota Bekasi.--

BEKASI, FIN.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menggusur bantaran Kali Jati untuk normalisasi.

Sekertaris Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Bekasi Solikhin mengungkapkan, sesuai aturan semua bangunan di bantaran kali sudah seharusnya di bongkar.

(BACA JUGA:Puluhan Bangunan di Bantaran Kali Jati Dibongkar Pemkot Bekasi, Tapi Kok Posko Ormas Cuma Dilewati?)

"Sebenarnya semua yang ada di bantaran kali di bongkar, cuma memang ada satu dan lain hal dari teman-teman ormas untuk diminta dia tidak dibongkar dulu," ucap Solikhin saat ditemui di lokasi, Kamis 22 September 2022.

Menurutnya seluruh area yang dibongkar oleh Pemkot Bekasi, akan dibangun fasilitas publik sepanjang bantaran Kali Jati, Kota Bekasi.

"Sepanjang ini yang tadinya dipakai untuk lapak, ini kita bersihkan nanti rencana akan buat taman kalau perlu kita lebarkan ini badan jalan," jelasnya.

Solikhin menjelaskan, fasilitas pendukung seperti taman, jalur joging, fasilitas bermain lainnya akan disediakan di area yang sudah digusur.

(BACA JUGA:Akhirnya Pembuat dan Penyebar Video Mesum Pakai Baju Adat Bali Ditangkap, Motifnya Bikin Geleng Kepala)

"Kita memang buat ruang publik di tanah yang memang milik negara, nanti akan ada taman, jalur joging, fasilitas bermain, kalau kondisi sekarang kan kelihatan kumuh," ungkapnya.

Dirinya mengakui, saat ini Pemkot Bekasi memang belum membongkar bangunan yang dimiliki oleh organisasi kemasyarakatan (Ormas) di bantaran kali.

"Sementara ini ada empat bangunan yang diunjung, ada kantor ormas sementara kita tidak bongkar dulu dari total semua 60 bangunan yang kita gusur," tegasnya.

Pemkot Bekasi menargetkan semua bangunan di bantaran kali sisi barat dan timur akan segera dirapihkan, namun pihaknya masih menunggu waktu.

(BACA JUGA:Duuaar... Gudang BBM di Palembang Meledak, Soal Korban Polisi Beberkan Hasil Temuannya)

Diketahui mulai dari pagi hingga sore ini, Pemkot Bekasi melakukan penertiban terhadap puluhan bangunan liar yang berada di Bantaran Kali Jati.

Sumber: