Pengamat: Tidak Ada Pilihan Lain, NasDem Harus Segera Kunci PKS dan Demokrat

Pengamat: Tidak Ada Pilihan Lain, NasDem Harus Segera Kunci PKS dan Demokrat

Kiri ke Kanan Ahmad Syaikhu, Agus Harimurti Yudhoyono, Surya Paloh, Anies Baswedan, dan Jusuf Kalla-@andiarief_-Twitter

JAKARTA, FIN.CO.ID- Pengamat politik Universitas Muhammadiyah Kupang, Ahmad Atang mengatakan, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) harus mengunci Partai Demokrat dan PKS dalam satu ikatan koalisi menuju Pilpres 2024.

"Jika Partai Nasdem tidak bisa mengunci PKS dan Demokrat dalam satu ikatan koalisi, maka partai Nasdem bisa kehilangan momentum," kata Ahmad Atang di Kupang, dilansir Antara, Rabu 21 September 2022.

Atang menyampikan hal tersebut terkait peluang koalisi Nasdem dengan Demokrat dan PKS untuk menghadapi Pemilu serentak 2024.

Menurut dia, dinamika menuju Pilpres masih terus bergerak dan komunikasi politik antarpartai intens dilakukan.

Maka Nasdem pada titik ini harus mengunci PKS dan Demokrat dalam satu baris sebelum ditarik oleh koalisi yang lain.

(BACA JUGA:Usai Bertemu, Surya Paloh Akui Puan Maharani Masuk Radar Capres NasDem 2024)

(BACA JUGA:Kabar Pencapresan Anies Mau Dijegal, Kader Demokrat Ngaku Ada Genderuwo 2024)

Dia menambahkan jika dilihat dari pengelompokan partai yang akan berkoalisi untuk mengusung pasangan calon presiden pada pilpres 2024 mendatang, maka terlihat bahwa PDI Perjuangan dapat mengusung pasangan calon sendiri tanpa koalisi karena telah memenuhi syarat 20 persen.

Sementara Partai Golkar, PAN dan PPP telah membentuk KIB, dan Gerindra akan berkoalisi dengan PKB, maka partai yang tersisa adalah Nasdem, PKS dan Demokrat.

"Dengan demikian, menurut saya tidak ada pilihan lain bagi Partai Nasdem harus berkoalisi dengan partai PKS dan Partai Demokrat," kata pengajar ilmu politik pada sejumlah perguruan tinggi di Nusa Tenggara Timur (NTT) itu.

Dia mengatakan, dengan dibangun-nya koalisi antara Nasdem, PKS dan Demokrat maka merupakan perpaduan antara basis nasionalis Demokrat dan nasionalis religius.

(BACA JUGA:PKS Sebut Angka Kemiskinan Solo Tertinggi di Jateng, Gibran Rakabuming Merespons)

(BACA JUGA:Jokowi Bisa Jadi Cawapres 2024, PKS: Menjerumuskan Jokowi Seolah-olah Tamak dan Rakus Kekuasaan)

Mengenai figur Capres, dia mengatakan, jika koalisi ini permanen maka figur yang memiliki peluang besar untuk diusung adalah Anies Baswedan karena Nasdem dan PKS tidak memiliki kader untuk diusung.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: