Mau Ikut Uji Emisi Gratis di Kota Tangerang, Ini Lokasinya

Mau Ikut Uji Emisi Gratis di Kota Tangerang, Ini Lokasinya

Ilustrasi uji emisi.--

TANGERANG, FIN.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan menggelar uji emisi gratis, bagi kendaraan roda empat atau lebih di beberapa lokasi.

Hal tersebut berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 22 tahun 2021, tentang setiap kendaraan bermotor wajib uji emisi sebagai dasar pengenaan pajak kendaraan.

(BACA JUGA:Asyik! 33 Ribu Warga Kabupaten Tangerang Bakal Dapat BST BBM Selama 4 Bulan)

Kepala DLH Kota Tangerang Tihar Sopian mengungkapkan, uji emisi gratis yang digelar Pemkot Tangerang akan berlangsung selama tiga hari di tiga lokasi yang berbeda.

Dimulai pada Selasa 20 September 2022, di Jalan MH Thamrin depan Argo Pantes, Rabu 21 September 2022, di Jalan Soedirman sekitar Komplek Imigrasi. 

"Dan hari ketiga pada Kamis 22 September 2022, yang akan berlangsung di Jalan Imam Bonjol sekitar Giant Palm Semi," kata Tihar, Senin 19 September 2022. 

Dikatakan Tihar, setiap harinya uji emisi gratis tersebut dimulai pukul 08.00 sampai dengan selesai.

(BACA JUGA:Rapat Bersama, Wali Kota Tangerang Minta Menpan-RB Azwar Anas Prioritaskan Guru dan Nakes Jadi PPPK)

Mobil yang melebihi batas gas buang kendaraan, nanti akan diimbau untuk segera diperbaiki. Sedangkan, kendaraan yang dinyatakan lolos uji emisi akan diberikan tanda khusus.

"Jadi, jangan dilewatkan uji emisi ini mumpung gratis dan sama-sama kita kurangi polusi udara," ucapnya

Dia juga menjelaskan, uji emisi sendiri memiliki sejumlah manfaat. Di antaranya, mengirit bahan bakar namun tenaga tetap optimal.

Mendeteksi kinerja mesin kendaraan dan polusi, sekaligus dapat mengurangi pencemaran udara yang disebabkan karena gas buang kendaraan.

(BACA JUGA:Pengeroyokan Hingga Tewasnya Santri Ponpes Daarul Qur'an Lantaburo, Kemenag Kota Tangerang Bilang Begini)

Tingkat efektivitas proses pembakaran bahan bakar pada mesin mobil dapat diketahui, melalui analisis CO2 dan HC yang terdapat pada gas buang. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: