Sempat Kontak Erat dengan Pasien Cacar Monyet, Tiga Warga Depok dan Tangerang Dinyatakan Sehat

 Sempat Kontak Erat dengan Pasien Cacar Monyet, Tiga Warga Depok dan Tangerang Dinyatakan Sehat

Cacar Monyet, Ilustrasi oleh Alexandra_Koch dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Tiga warga Depok dan Tangerang yang mengalami kontak erat dengan pasien pertama terkonfirmasi positif cacar monyet atau Monkeypox dalam kondisi sehat.

"Yang kontak erat ada tiga orang dan dilakukan juga testing dan surveilans, semuanya sehat. Jadi, tidak ada yang konfirmasi atau bergejala diduga atau suspek Monkeypox," kata Juru Bicara Kemenkes RI Mohammad Syahril, Jumat 16 September 2022. 

(BACA JUGA:Peredaran Narkoba Senilai Rp1.6 Miliar Diungkap Polda Jambi)

Tiga warga tersebut terdiri atas dua warga Depok perempuan 38 tahun dan laki-laki 24 tahun sebagai keluarga dari pasien. 

Sedangkan sisanya, seorang laki-laki usia 24 tahun asal Tangerang yang merupakan teman pasien.

Pasien terkonfirmasi positif Monkeypox pertama di Indonesia itu seorang laki-laki berusia 27 tahun asal DKI Jakarta, yang sebelumnya punya riwayat perjalanan ke Belanda, Swiss, Belgia dan Prancis sebelum tertular.

Pasien mengalami gejala pada 11 Agustus 2022 dan ditangani tenaga kesehatan mulai 18 Agustus 2022 melalui pengambilan sampel lesi di Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK).

(BACA JUGA: Korupsi Pengadaan Makan dan Minum Santri Penghafal Al Quran, Empat Orang Ditetapkan Tersangka)

Pada 19 Agustus 2022, pasien dinyatakan positif Monkeypox berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium dan menjalani perawatan melalui isolasi mandiri.

Syahril mengatakan pasien yang bersangkutan sudah dinyatakan kembali sehat dan dipastikan tidak menularkan virus Monkeypox.

Kondisi itu ditunjukkan dengan lesi di bagian wajah, tangan, anus dan genital, serta kaki yang sudah mengering.

"Karena gejalanya ringan, tanggal 4 September 2022 dinyatakan selesai isolasi. Sekarang sudah bisa melakukan aktivitas seperti sebelumnya. artinya pasien ini sudah dinyatakan sehat," katanya.

(BACA JUGA:Ini Pengakuan Jessica Iskandar Soal Kasus Mobil Mewah di Bali)

Hingga saat ini, Kemenkes telah mendeteksi total 66 kasus diduga Monkeypox berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium. 63 kasus di antaranya negatif, satu kasus positif, dan dua kasus masih dalam pemeriksaan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: