Jokowi soal Wacana Maju sebagai Cawapres di 20204: Bukan dari Saya

Jokowi soal Wacana Maju sebagai Cawapres di 20204: Bukan dari Saya

Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Sekretariat Presiden-Youtube

JAKARTA FIN.CO.ID- Presiden Joko Widodo atau Jokowi merespon wacana dirinya kembali maju di pemilihan presiden (Pilpres) 2024 sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres)

Wacana itu sebelumnya disampaikan oleh juru bicara Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono yang menilai Jokowi tidak melanggar hukum apabila kembali maju di Pilpres 2024, namun sebagai cawapres.

Presiden Jokowi mengatakan, wacana itu bukan bersumber darinya. Jokowi bilang tak perlu dibesar-besarkan sebab wacana itu bukan darinya.

"Kalau dari saya, saya terangkan, kalau bukan dari saya, saya ndak mau terangkan. Itu saja, terima kasih," kata Presiden Jokowi saat menjawab pertanyaan wartawan di Istana Merdeka Jakarta, Jumat 16 September 2022.

(BACA JUGA:Dua Sindiran AHY ke Rezim Jokowi: Tidak Berterima Kasih ke SBY dan BLT Dulu Dihina Kini Dipakai)

(BACA JUGA:MK Klarifikasi Pernyataan Jubirnya soal Jokowi Cawapres di Pilpres 2024)

Presiden mengatakan, sejak awal dirinya konsisten tidak maju untuk 3 periode. Jokowi bilang, sudah beberapa kali menagaskan tidak maju di Pilpres 2024, namun rumor itu tetap saja muncul dari luar.

"Sejak awal saya sampaikan bahwa ini yang menyiapkan bukan saya, urusan tiga periode sudah saya jawab, begitu dijawab muncul lagi yang namanya perpanjangan, juga saya jawab ini muncul lagi jadi wapres, itu dari siapa?" ungkap Presiden.

Perbincangan soal Presiden Jokowi menjadi cawapres bergulir setelah pernyataan Juru Bicara Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono tentang presiden dua periode bisa menjadi cawapres. 

Fajar Laksono mengatakan ketentuan di UUD 1945 mengatur batasan pencapresan dua periode. Namun, tidak ada batasan mantan presiden mencalonkan diri sebagai wakil presiden.

"Kalau itu secara normatif boleh saja. Tidak ada larangan, tapi urusannya jadi soal etika politik saja menurut saya," kata Fajar Laksono.

(BACA JUGA: Wacana Jokowi Bisa Jadi Cawapres di Pemilu 2024, Hasto: Biasa Aja)

(BACA JUGA:Bjorka Bongkar Niat Jokowi Pecat Johnny G Plate dari Menkominfo, Benarkah?)

Namun MK lalu menyebut pernyataan tersebut sebagai pernyataan pribadi Jubir MK Fajar Laksono, bukan sikap resmi lembaga/putusan MK.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: