Waduh! BPOM Temukan Tahu dan Cone Es Krim Mengandung Formalin di Tangerang

Waduh! BPOM Temukan Tahu dan Cone Es Krim Mengandung Formalin di Tangerang

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) wilayah Kabupaten Tangerang, Banten, kembali menemukan bahan pangan olahan mengandung formalin. --

TANGERANG, FIN.CO.ID - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) wilayah Kabupaten Tangerang, Banten menemukan bahan pangan olahan mengandung formalin.

Kali ini bahan pangan olahan mengandung formalin itu ditemukan petugas dalam kegiatan revitalisasi mobil laboratorium keliling. 

(BACA JUGA:Jasad Terbakar di Semarang Terungkap, Ternyata PNS Iwan Budi Saksi Dugaan Korupsi Pengalihan Aset)

Revitalisasi mobil laboratorium keliling tersebut dilakukan petugas BPOM di salah satu pasar Tradisional di wilayah Kecamatan Mekar Baru, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 14 September 2022. 

"Kegiatan ini bertujuan untuk melindungi masyarakat dari peredaran pangan olahan yang mengandung 4 bahan berbahaya yaitu formalin, boraks, methanyl yellow, dan rhodamin B," kata kepala BPOM wilayah Kabupaten Tangerang Wydya Safitri di Tangerang. 


uji laboratorium BPOM Tangerang.--

Wydya menjelaskan, dalam kegiatan revitalisasi mobil laboratorium keliling itu, pihaknya melakukan pengambilan sampel pangan olahan sebanyak 20 sampel. 

Selanjutnya, kata dia, dilakukan pengujian terhadap puluhan sampel pangan olahan tersebut menggunakan tek kit 4 bahan berbahaya.

(BACA JUGA: Anies Dikabarkan Jadi Tersangka Formula E, KPK: Masih Penyelidikan)

"Dari 20 sampel yang diuji 18 sampel memenuhi ketentuan (MK) dan 2 sampel tidak memenuhi ketentuan (TMK)," terangnya.

Adapun dari hasil pengujian, sampel pangan olahan yang tidak memenuhi ketentuan yaitu tahu putih yang diduga mengandung formalin dan cone es krim yang diduga mengandung rhodamin B.

"Ada dua jenis pangan olahan yang diduga kuat mengandung bahan berbahaya yakni formalin dan rhodamin B yaitu tahu putih dan cone es krim," ucapnya.

Wydya menambahkan, petugas BPOM Kabupaten Tangerang terus menyosialisasikan akan bahaya 4 bahan berbahaya yang sering disalahgunakan dalam pangan olahan. 

(BACA JUGA:Uang Puluhan Miliar di Rekening Lukas Enembe Bakal Didalami KPK, Alex: Apakah dari Hasil Suap)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: