Pembangunan Sanitasi di Kabupaten Tangerang Dinilai AKKOPSI Sangat Baik, Bupati Zaki Beberkan Keberhasilannya

Pembangunan Sanitasi di Kabupaten Tangerang Dinilai AKKOPSI Sangat Baik, Bupati Zaki Beberkan Keberhasilannya

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar (dua dari kiri) Saat Memaparkan Keberhasilan Program Pembangunan Sanitasi di Kabupaten Tangerang.--

TANGERANG, FIN.CO.ID -- Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar membeberkan keberhasilan perbaikan sanitasi di sekolah dan Sanitasi di pondok pesantren termasuk sanitasi di lingkungan perumahan terutama di perkampungan.

Salah satu keberhasilan Bupati Zaki dalam perbaikan sanitasi adalah dengan menciptakan program Sanitasi Sekolah (Sanisek).

(BACA JUGA:Jadi Tuan Rumah CSS XX, Sekda: Kabupaten Tangerang Akan Jadi Model Sanitasi Se-Indonesia)

"Tahun 2013 ketika pertama kali menjadi bupati, salah satu RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) program unggulan kita adalah Sanisek,” kata Bupati Zaki Iskandar pada acara City Sanitation Summit (CSS) XX yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City Kabupaten Tangerang, Rabu 7 September 2022. 


Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar (dua dari kiri) Saat Memaparkan Keberhasilan Program Pembangunan Sanitasi di Kabupaten Tangerang.--

Tema yang dipilih untuk CSS XX adalah ‘Sanitasi Aman Investsasi Masa Depan’ di mana Kabupaten Tangerang menjadi tuan rumah acara tersebut.

Menurut dia, untuk bisa menciptakan pola hidup bersih, perlu dibentuk di tempat yang paling sering dikunjungi anak-anak, yaitu sekolah.

Dengan begitu, anak-anak bisa menjadi agent of change atau agen perubahan.

(BACA JUGA:Kejaksaan Negeri Datangi SMAN 6 Kabupaten Tangerang, Cegah Siswa Soal Pelanggaran Hukum)

"Bagaimana kita bisa mengubah pola hidup masyarakat kita, anak-anak kita pergi ke sekolah tempat mereka mendapatkan pendidikan akademis dan pembangunan karakter, ini sekolah tempatnya," tuturnya.

Salah satu perubahan besar perbaikan sanitasi adalah dengan penataan toilet yang ditempatkan di samping gerbang sekolah dengan keadaan bersih.

Pasalnya, toilet sekolah selama ini dapat dibilang kotor.

"Saya lihat ada sesuatu yang kita perlu perbaiki hari ini, besok dan untuk masa depan, dan ini adalah anak-anak. Sesuai dengan tema CSS, Sanitasi Aman Investasi Masa Depan," ujar dia.

(BACA JUGA:Pengelola PadiPadi di Kabupaten Tangerang Dinilai Kurang Kooperatif dalam Urusan Pajak)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: