Sudah Suntik Insulin tapi Gula Darah Tetap Tinggi, Ini Salahnya

Sudah Suntik Insulin tapi Gula Darah Tetap Tinggi, Ini Salahnya

Insulin, Image oleh Peter Stanic dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Bagi penderita diabetes, penggunaan obat oral dan insulin terkadang dibutuhkan untuk membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

Dengan demikian, diabetes yang mereka derita, tidak menyebabkan kerusakan pada organ, seperti mata, jantung, saraf dan lainnya.

Akan tetapi, pada banyak kasus juga, orang yang sudah menjalani terapi insulin namun masih kesulitan mengontrol kadar gula darahnya.

(BACA JUGA:Namanya Daun Afrika, Pahit Rasanya tapi Bagus untuk Darah Tinggi dan Diabetes)

Jadi meski sudah menggunakan insulin, namun tetap saja kadar gula darah mereka berada di atas normal.

Pertanyaannya, mengapa gula darah tetap tinggi meski sudah menyuntikan insulin?

Menurut dr. M. Ainul Rohman, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor pemicu, salah satunya pemilihan makanan yang buruk.

Stres dan penggunaan obat yang salah juga dapat bertanggungjawab akan kondisi ini.

“Kondisi ini dapat terjadi karena berbagai macam hal seperti asupan makanan yang tidak tepat, stres, penggunaan obat yang tidak tepat,” kata dr. Ainul Rohman seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Ia juga menambahkan, untuk mengontrol kadar gula darah, dibutuhkan komitmen yang kuat dalam prosesnya.

“Penurunan kadar gula darah membutuhkan proses sehingga butuh ketaatan penggunaannya. Lakukan kontrol secara rutin kepada dokter penyakit dalam,” tegasnya.

Ia juga menambahkan bahwa, memabtasi makanan manis, makan dengan porsi tertentu, dan diatur dengan jadwal yang rutin, juga perlu dalam upaya mengontrol diabetes.

Tiga Kesalahan yang Dilakukan Penderita Diabetes

Berikut ini daftar kesalahan dalam mengontrol diabetes, seperti dikutip FIN dari Good Doctor:

1.    Malas berolahraga adalah salah satunya. Padahal dengan berolahraga, tubuh akan bisa lebih maksimal dalam memanfaatkan insulin untuk mengontrol gula darah.

2.    Kesalahan lainnya adalah keseringan ngemil atau makan snack. Padahal, snack itu umumnya tinggi akan gula dan gram, yang keduanya buruk untuk diabetes.

3.    Terlalu tergantung pada obat-obatan diabetes adalah kesalahan lainnya. Ya, karena terlalu percaya akan khasiat obat, namun lupa untuk olahraga dan apa yang jadi pantangan adalah masalah salah satunya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: