Kronologi Ledakan saat Upacara Ngaben di Gianyar Bali, Saat Pembakaran Puncak Tiba-tiba...

Kronologi Ledakan saat Upacara Ngaben di Gianyar Bali, Saat Pembakaran Puncak Tiba-tiba...

Ilustrasi upacara ngaben. (Antara)--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Ledakan saat upacara ngaben massal di Desa Adat Selat Belega, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Bali, Jumat (19/8/2022) ditangani Polsek Blahbatu. 

Kepolisian Sektor Blahbatu berkoordinasi dengan pemadam kebakaran Gianyar dalam menangani ledakan saat upacara ngaben massal yang telah mencederai sembilan warga.

(BACA JUGA:KPK Tetapkan Rektor Unila Tersangka Suap Penerimaan Mahasiswa Baru 2022)

"Pemadam kebakaran Gianyar telah mengirim tiga unit mobil pemadam kebakaran ke lokasi dan PMI juga mengirimkan satu ambulan untuk mengangkut korban ledakan ke RS Sanjiwani Gianyar untuk mendapatkan perawatan," kata Kapolsek Blahbatu Kompol I Made Tama, dikutip Minggu 21 Agustus 2022.

Awalnya ngaben massal berjalan lancar mulai Jumat siang hingga petang. Sekitar jam 19.30 Wita, saat pembakaran puncak (terakhir) tiba-tiba ada ledakan dari kompor di saat masyarakat sedang berkumpul.

Ada sembilan warga yang mengalami luka bakar parah, salah satu anak berumur 11 tahun. 

Kini sedang dirawat di RS Sanjiwani dan yang parah sekali dilarikan ke RS Sanglah, Denpasar.

(BACA JUGA:Perahunya Terbalik, Daeng Riboko 10 Hari Bertahan Hidup di Tengah Lautan)

Walaupun ada ledakan dan kebakaran, masyarakat tidak terluka melanjutkan upacara ngaben massal hingga selesai.

Adapun sembilan korban yang terdata di antaranya I Ketut Muliana dengan kedua jari tangan melepuh, Ketut Adi Wiranata tukang kompor dengan sekujur tubuhnya melepuh dan luka pada kedua tangan, I Gusti Nyoman Gede mengalami luka di bagian siku tangan kiri luka, I Kadek Dwi Putra Jaya tukang kompor mengalami luka melepuh sekujur tubuh.

I Gusti Ngurah Pradita bocah mengalami luka melepuh pada bagian tubuh, Bagus Oscar tukang kompor mengalami luka melepuh sekujur tubuh, I Gusti Made Budiarta mengalami luka melepuh pada sekujur tubuh, I Kadek Gian Pramana Putra mengalami luka bakar sekujur tubuh, dan Gusti Ketut Wiriantara mengalami luka bakar ringan.

Polsek Blahbatu pun sudah memintai keterangan, salah satunya pemilik kompor pembakaran ngaben. 

(BACA JUGA:Terungkap! Rekaman CCTV di Rumah Sambo yang Beredar Adalah Editan, Ahli Digital Forensik Mengungkapnya)

Keterangan dari I Made Suarta pemilik kompor jenazah bahwa kompor pembakaran jenasah digunakan sebanyak tujuh unit dengan menggunakan lima tabung minyak dan satu unit kompresor dengan menggunakan bahan bakar solar dan kompresor menggunakan bahan bakar pertalite, kata Kompol Tama.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: