Koruptor Pun Dapat Remisi HUT Kemerdekaan RI

Koruptor Pun Dapat Remisi HUT Kemerdekaan RI

Ilustrasi narapidana korupsi-Dok. FIN-

PROBOLINGGO, FIN.CO.ID - Remisi atau potongan tahanan ternyata untuk semua narapidana (napi) yang memenuhi syarat. Termasuk narapidana korupsi atau koruptor.

Dua koruptor yang mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II-B Kota Probolinggo, Jawa Timur mendapat remisi HUT Kemerdekaan RI ke-77.

Kepala Lapas Kota Probolinggo Risman Somantri mengatakan pada HUT RI ke-77, narapidana yang mendapat remisi berjumlah 545 orang.

(BACA JUGA:Ribuan Narapidana Lapas Kelas II A Tangerang Dapat Remisi di Hari Kemerdekaan, 10 Orang Langsung Bebas)

(BACA JUGA:Sebanyak 1.472 Napi Lapas Kelas IIA Kota Bekasi Terima Remisi HUT Ke-77 RI, 25 di Antaranya Bebas Hari Ini)

"Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang diusulkan mendapat remisi per tanggal 1 Agustus 2022 adalah sebanyak 545 orang dengan masa pengurangan masa tahanan 1 bulan hingga 6 bulan," katanya, Rabu, 17 Agustus 2022.

Secara rinci, sebanyak 88 orang mendapat remisi 1 bulan, 79 orang dapat remisi 2 bulan, 279 orang dapat remisi 3 bulan, 63 orang dapat remisi 4 bulan, sebanyak 28 orang dapat remisi 5 bulan dan 8 orang dapat remisi 6 bulan.

"Berdasarkan jenis tindak pidana, mereka yang mendapatkan remisi dari narapidana kasus trafficking 1 orang, korupsi 2 orang, narkotika 306 orang, ain-lain 2 orang, dan pidana umum 234 orang," tuturnya.

(BACA JUGA:Napi di Sumatera Utara Terbanyak Dapat Remisi HUT Kemerdekaan RI ke-77)

(BACA JUGA:HUT Ke-77 RI, 168.916 Napi Dapat Remisi, 2,752 Langsung Bebas)

Pada 17 Agustus 2022 terdapat 9 orang narapidana yang bebas dan narapidana anak satu orang di Lapas Kelas II-B Kota Probolinggo, sedangkan pihak lapas juga memberlakukan asimilasi rumah kepada 10 orang karena pandemi COVID-19.

Sementara Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin memberikan motivasi kepada para penghuni lapas yang menjalani hukuman agar tidak berkecil hati dan menjadikan introspeksi serta mengevaluasi.

"Manusia tidak lepas dari ujian dan apabila ujian itu dilalui dengan baik, maka insya Allah akan kita hadapi dengan lapang dada. Pesan saya pada warga binaan semuanya yang mendapatkan remisi atau pun tidak, dalam momen ini janganlah berkecil hati," katanya.

(BACA JUGA:1.344 Napi Lapas Kelas IIA Kota Bekasi Dapat Remisi Idulfitri, 15 Orang Dinyatakan Bebas)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: